Kamis, 17 Oktober 2024

API Lakukan FOD Walk Sterilkan Area Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dari Benda Asing

FOD Walk susuri keberadaan benda asing yang berpotensi mengganggu keselamatan penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa 15 Oktober 2024.(@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura Indonesia (API) Bandara Internasional Soekarno-Hatta bersama PT JAS Aero Engineering Services (JAE) menyelenggarakan kegiatan Foreign Object Damage (FOD) Walk di Terminal 3.

FOD Walk adalah melakukan jalan bersama-sama menyusuri area operasional pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, untuk memeriksa keberadaan benda asing yang berpotensi mengganggu keselamatan penerbangan di area lepas landas dan parkir pesawat.

"Benda-benda tersebut seperti seperti serpihan logam, plastik, atau lainnya," kata General Manager PT API Bandara Internasional Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana, Rabu 16 Oktober 2024.

Menurut Dwi, selain meningkatkan kesadaran akan bahaya benda asing di area operasional pesawat, kegiatan ini juga bertujuan untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap keamanan penerbangan, serta memperkuat budaya kepedulian keselamatan (Safety Awereness Culture) di lingkungan bandara.

"FOD Walk di Terminal 3 Soekarno-Hatta juga merupakan bagian dari program berkelanjutan yang dirancang sebagai wadah diskusi dan koordinasi antara berbagai pemangku kepentingan, dalam memperkuat prosedur manajemen risiko benda asing di area operasional pesawat," jelasnya.

Setiap pemangku kepentingan, mulai dari operator bandara hingga maskapai penerbangan dan penyedia layanan penunjang penerbangan, memegang peran penting dalam menjaga kebersihan dan keamanan di area operasional.

Selain pemeriksaan, kegiatan ini juga memprioritaskan edukasi bagi staf operasional yang bertugas, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dan keamanan penerbangan.

Dwi Ananda menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pihak yang telah ikut berkolaborasi, dalam menjaga keselamatan dan keamanan di lingkungan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sehingga para pengguna jasa bandara dapat merasa aman dan nyaman.

“Kami percaya bahwa setiap instansi yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pastinya memiliki standar operasional yang jelas dalam menjaga keselamatan dan keamanan para calon penumpang, dengan kolaborasi yang baik antar instansi diharapkan terciptanya bandara yang aman bagi semua pengunjung," tuturnya.

Presiden Direktur PT JAS Aero Engineering Services Iman Sinambela, menegaskan kegiatan ini mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keselamatan penerbangan.

Pihaknya menyadari benda asing yang tidak terkendali dapat menyebabkan kerusakan pada pesawat dan berakibat fatal bagi keselamatan penerbangan.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan keselamatan adalah tanggung jawab bersama, dan PT JAS Aero Engineering Services ingin menjadi bagian yang selalu berkomitmen penuh untuk terus mendukung safety awareness dan keamanan operasional penerbangan,” ujarnya.

Kolaborasi ini mencerminkan komitmen yang sama dan kesatuan visi, untuk terus selalu menjaga keselamatan dan keamanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sebagai salah satu bandara tersibuk di Asia Tenggara.

FOD Walk diharapkan dapat dilakukan secara rutin sebagai bagian dari komitmen seluruh pemangku kepentingan, dalam menjaga standar keselamatan dan keamanan penerbangan yang tinggi.

Tags Bandara Soekarno-Hatta Berita Bandara Soetta Kampanye Keselamatan Penerbangan PT Angkasa Pura Indonesia