Selasa, 24 September 2024

Penipuan Masih Marak, PLN Ingatkan Pelanggan Waspada 

Petugas resmi PLN bertemu dengan pelanggan.(@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap berbagai bentuk penipuan yang mengatasnamakan PLN. 

General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin, menegaskan, seluruh layanan resmi PLN kini sudah terpusat melalui aplikasi PLN Mobile dan Contact Center PLN 123.

Andy menjelaskan, penipuan dengan modus mengatasnamakan PLN masih sering terjadi, mulai dari permintaan mengunduh aplikasi palsu, survei berhadiah, hingga oknum yang berpura-pura sebagai petugas PLN. 

Terbaru, bahkan ada penipuan dengan memanipulasi alamat kantor PLN di mesin pencarian daring yang mencantumkan nomor telepon palsu. 

Oleh karena itu, PLN mengimbau masyarakat untuk hanya menggunakan PLN Mobile dalam mengakses layanan kelistrikan, termasuk pemasangan baru, perubahan daya, pembayaran tagihan, pembelian token listrik, hingga pengaduan. 

Semua transaksi dilakukan secara aman melalui sistem Payment Point Online Bank (PPOB) di aplikasi tersebut.

Lebih lanjut, PLN tidak pernah memungut biaya di luar yang tertera di PLN Mobile. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembayaran langsung secara tunai atau transfer ke individu. 

"Tidak ada pembayaran secara langsung baik tunai di lokasi maupun melalui transfer ke pihak perorangan," kata Andy.

Dedi Mukhtar, warga Serpong, Tangerang Selatan, mengaku terbantu dengan PLN Mobile. Proses dari pembayaran hingga pelaksanaan di rumahnya bisa selesai dalam satu hari. 

"Mantap PLN Mobile, semua proses kelistrikan menjadi mudah," tukasnya.

Tags Kelistrikan Nasional Modus Penipuan PLN Banten PLN Mobile PT PLN Persero