Jumat, 4 Oktober 2024

PLN Bagikan Tips Aman Kelistrikan saat Musim Penghujan

PLN Banten memberikan edukasi terkait bahaya listrik dan langkah keamanannya saat memasuki musim penghujan.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Memasuki musim penghujan, wilayah Provinsi Banten dan sekitarnya kini menghadapi peningkatan curah hujan yang cukup tinggi. 

Oleh karena itu, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten mengingatkan masyarakat, terutama di wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Banten, untuk lebih berhati-hati terhadap bahaya listrik yang dapat timbul saat hujan deras.

Air dikenal sebagai penghantar listrik yang baik, sehingga instalasi listrik, baik milik masyarakat maupun aset PLN, harus menjadi perhatian utama demi menghindari potensi bahaya tersengat listrik.

General Manager PLN UID Banten Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan PLN telah bersiap sejak awal untuk menghadapi cuaca ekstrem ini. 

Tidak hanya melakukan siaga personel, tetapi juga mengecek peralatan pendukung dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait keamanan kelistrikan di musim hujan. 

Berikut adalah beberapa tips penting yang disarankan oleh PLN untuk menjaga keamanan kelistrikan saat musim penghujan:

1. Pantau Lingkungan Sekitar

Saat hujan deras terjadi, pastikan untuk memantau kondisi sekitar, terutama jika intensitas hujan tinggi dan berlangsung dalam waktu lama.

2. Jangan Panik Saat Air Mulai Menggenang 

Jika air mulai naik dan masuk ke area rumah, segera matikan aliran listrik dari kWh meter. Ini penting untuk menghindari potensi tersengat listrik.

3. Cabut Peralatan Elektronik  

Untuk mencegah korsleting, pastikan seluruh peralatan elektronik yang masih terhubung dengan stop kontak segera dicabut.

4. Naikkan Peralatan Elektronik

Agar tidak rusak, letakkan peralatan elektronik di tempat yang lebih tinggi, jauh dari genangan air.

5. Hubungi PLN Jika Listrik Masih Menyala  

Apabila listrik di lingkungan sekitar masih menyala meski air sudah mulai tinggi, segera hubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center PLN 123 untuk mendapatkan bantuan.

Lebih lanjut, Andy menegaskan bahwa PLN UID Banten terus melakukan pemantauan intensif, terutama di wilayah dengan curah hujan tinggi. 

Patroli rutin dilakukan untuk memastikan keamanan pasokan listrik agar masyarakat tetap aman dan nyaman menggunakan listrik. 

"Namun demikian, laporan dan informasi dari masyarakat juga penting untuk kami, karenanya mari berkolaborasi bersama dengan memahami potensi bahaya listrik saat hujan deras dan sampaikan informasi kepada kami jika mengetahui ada potensi bahaya listrik," jelas Andy.

Untuk informasi dan laporan terkait bahaya kelistrikan, masyarakat dapat menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center PLN 123.

Tags Cuaca Esktrem Cuaca Tangerang Hujan Deras Tangerang Kelistrikan Nasional Listrik Tangerang Musim Hujan Tangerang PLN Banten PT PLN Persero