Rabu, 23 Oktober 2024

BMKG Prediksi Musim Hujan Mulai Oktober di Banten

Ilustrasi hujan petir.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prediksi musim hujan tahun 2024/2025 untuk Provinsi Banten. 

Menurut prakiraan terbaru, musim hujan diperkirakan akan mulai terjadi pada bulan Oktober 2024, dengan puncaknya berlangsung pada Januari 2025.

Berdasarkan data BMKG, Provinsi Banten akan mengalami puncak curah hujan tertinggi pada Januari dengan persentase 46%. 

Sementara itu, bulan Februari diprediksi akan memiliki puncak curah hujan sebesar 39%, dan Desember sebanyak 15%. 

BMKG meminta agar pemerintah daerah dan masyarakat dapat bersiap lebih awal untuk mengantisipasi berbagai potensi bencana hidrometeorologis, seperti banjir dan tanah longsor.

"Langkah antisipatif kesiapsiagaan diperlukan guna mengurangi dampak potensi bencana hidrometeorologis pada saat musim dan atau puncak musim penghujan maupun saat transisi musim kemarau ke musim hujan," ujar Kepala Balai Besar BMKG Wilayah II Hartanto dalam keterangannya, dikutip Senin, 30 September 2024.

Lebih lanjut, Fachry Rajab, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG menambahkan, Indonesia terdiri dari berbagai zona musim (ZOM) dengan karakteristik yang berbeda.

Untuk Provinsi Banten, terdapat 13 Zona Musim, dan 7 di antaranya diprediksi mengalami sifat musim hujan "Atas Normal", artinya intensitas hujan di wilayah-wilayah tersebut akan lebih tinggi dari rata-rata.

Sebagai bentuk persiapan menghadapi puncak musim hujan ini, BMKG juga merekomendasikan agar pemerintah daerah memastikan kapasitas infrastruktur pengelolaan air dan melakukan perbaikan serta pemangkasan pohon di lokasi-lokasi yang rawan. 

Selain itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan terkait dampak bencana hidrometeorologis.

Tags BMKG Banten Cuaca Esktrem Cuaca Tangerang Hujan Deras Tangerang Musim Hujan Tangerang Prakiraan Cuaca