Jumat, 20 September 2024

Viral di X Pendaftar CPNS Pertanyakan IPK 3.70 Jadi 3.7, Netizen Geram

Ilustrasi daftar CPNS (@TangerangNews / Redaksi )

TANGERANGNEWS.com- Viral di media sosial X (Twitter) terkait curhatan dari salah satu pendaftaran CPNS yang kebingungan saat memasukkan IPK dalam laman pendaftaran CPNS online.

"bagian ipk awalnya saya tulis 3.70, pas tadi saya cek lagi ternyata berubah jadi 3.7, udah saya ubah beberapa kali tapi tetap jadi 3.7, Solusinya bagaimana?" tulis pendaftar tersebut dikutip dari akun X @kegblgnunfaedh, Rabu, 28 Agustus 2024.

Unggahan itu pun sontak menjadi bulan-bulanan warganet yang merasa geram lantaran menilai calon pegawai negeri tersebut tidak memiliki kapasitas yang baik.

"Heran Indonesia gini gini aja, contohnya udah ada, kok bisa dia dapet IPK 3,7 itu," komentar akun @Eskacangmerahl.

"IPK bisa nyampe 3.7 kok masih gak paham bilangan desimal gitu deh, jadi selama ini dapet nilainya gimana coba," imbuh akun @dinosbiru.

"Solusinya dia kuliah lagi,  khusus ambil matkul matematika dasar," kelakar akun @eMbahNyutz.

Tangkapan layar seorang pendaftar CPNS bertanya perihal IPK 3,70 berubah menjadi IPK 3,7 saat mendaftar di lama pendaftaran online CPNS 2024.

Sementara itu, netizen lainnya menyebut bahwa apa yang ditanyakan oleh pendaftar CPNS tersebut sudah benar dan wajar lantaran umumnya nilai IPK ditulis dua angka di belakang koma.

"Lah itu dia emg udh bener nanya gitu. Biasanya IPK ditulis 2 angka dibelakang koma. Yang salah yg bikin formnya," timpal akun @rameankebulan.

"Konsep penulisan IPK, atau Grade Point Average/GPA, memakai tiga angka signifikan (2 di blog decimal). Tujuannya untuk mencegah kesalahan dalam membulatkan IPK. Bahkan sekarang muncul standar penulisan IPK dengan 4 angka signifikan. Jadi yg semula 3.5 menjadi 3.500," jelas akun @thoriqmm.

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) adalah ukuran yang digunakan oleh institusi pendidikan untuk menilai kinerja akademik seorang mahasiswa. IPK biasanya dinyatakan dalam skala 4.00 di mana semakin tinggi angkanya, semakin baik prestasi akademiknya.

BACA JUGA:

Secara teknis, IPK 3.7 dan 3.70 bisa dianggap sama karena nilai tersebut berada di posisi yang sama dalam skala 4.00. Namun, jika dilihat lebih detail, ada perbedaan kecil antara keduanya dalam hal jumlah desimal yang ditampilkan.

Dalam banyak konteks, perbedaan antara IPK 3.7 dan 3.70 tidak akan berpengaruh besar. Kebanyakan institusi atau perusahaan akan memperlakukan kedua nilai ini sebagai nilai yang sama, karena keduanya menunjukkan prestasi akademik yang sangat baik.

Tags Berita Viral BKN CPNS 2024 CPNS CPNS 2024 IPK 3,7 IPK 3,70 Pendaftar CPNS Pendaftaran CPNS 2024 Sosial Media viral