Jumat, 20 September 2024

Cisauk dan Kemiri Wilayah Pemilih Disabilitas Paling Banyak di Pilkada Kabupaten Tangerang

Ilustrasi pemilih disabilitas.(@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang mencatat Kecamatan Cisauk dan Kemiri menjadi wilayah yang paling banyak terdapat pemilih disabilitas pada Pilkada serentak 2024.

Ketua Divisi Rencana Data dan Informasi KPU Kabupaten Tangerang Endi Biaro menjelaskan, dari data daftar pemilih sementara (DPS) 3.186 pemilih disabilitas di Kabupaten Tangerang, yang mengalami gangguan disabilitas mental dan gangguan intelektual sebanyak 641 pemilih.

Menurutnya, disabilitas mental dan intelektual memiliki perbedaan. Khusus disabilitas mental merupakan penyakit bawaan dari kecil, di mana mereka ini memiliki usia yang sudah dewasa, namun pemikirannya tergolong masih anak-anak.

Sementara untuk disabilitas intelektual dikarenakan depresi dan bukan bawaan dari lahir.

"Kalau disabilitas mental bawaan lahir biasanya dan permanen juga. Namun disabilitas intelektual, itu faktor keadaan yang membuatnya depresi yang banyak masalah, sehingga tidak permanen terkadang ngamuk kadang enggak ngamuk kayak begitu," ujarnya, Jumat 23 Agustus 2024. 

Namun, untuk wilayah populasinya terbanyak saat ini berada di tiga daerah pemilihan (Dapil) yaitu Dapil II, IV dan VI. Khususnya Kecamatan Kemiri dan Kecamatan Cisauk.

"Kami mencatat dua wilayah yang populasinya yang paling banyak wilayah kemiri dan Cisauk. Ditambah di wilayah tersebut ada tempat panti rehabilitasi juga," ujar Endi 

Endi mengiimbau bagi pemilih kategori tersebut jika ingin menyalurkan gak suaraya harus didampingi oleh pihak keluarga, orang tua maupun saudara. Namun untuk pencoblosan di TPS sama dengan yang lain.

Tags Berita Kabupaten Tangerang Kabupaten Tangerang KPU Kabupaten Tangerang Pemilih Disabilitas Pilkada Kabupaten Tangerang 2024 Pilkada Serentak 2024