Jumat, 4 Oktober 2024

Fokus Tata Kelola Pemerintahan, Maesyal-Intan Luncurkan Program PRIMA

Calon Bupati Tangerang, Maesyal Rasyid dan Calon Wakil Bupati Tangerang, Intan Nurul Hikmah secara bersamaan mengangkat nomor urut 02, setelah melakukan pengundian di KPU Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Tangerang, Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah, meluncurkan program Pemerintahan Inovatif, Maju, dan Smart (PRIMA).

Program PRIMA merupakan bagian dari visi Maesyal-Intan untuk meningkatkan pelayanan publik dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tangerang. 

Program ini diharapkan dapat mulai diterapkan pada tahun 2025, dengan fokus utamanya pada tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan efisien.

Calon Bupati Tangerang nomor urut 02 Moch. Maesyal Rasyid menjelaskan, untuk menciptakan Kabupaten Tangerang yang lebih maju dan gemilang, dibutuhkan program-program dan layanan yang dapat memberikan kenyamanan serta keamanan bagi masyarakat.

Untuk itu, program PRIMA dirancang sebagai solusi inovatif untuk menjawab tantangan tersebut.

"Dimana program ini akan menciptakan pemerintahan yang inovatif, maju, dan smart,” ujar pria yang juga akrab disapa Rudi, Jumat, 27 September 2024

Fokus pada Good Governance dan Clean Government

Lebih lanjut, salah satu pilar utama program PRIMA adalah penguatan tata kelola pemerintahan melalui konsep good governance. 

Dijelaskan Maesyal Rasyid, good governance ialah konsep melibatkan kerjasama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat, dengan tujuan menciptakan pemerintahan yang solid, bertanggung jawab, efisien, dan efektif.

"Good governanance adalah tata kelola yang baik dalam suatu usaha yang dilandasi oleh etika profesional," imbuhnya.

Selain itu, terdapat juga konsep clean government, yaitu pemerintahan yang bersih, transparan, dan bertanggung jawab. 

Menurutnya, clean government adalah fondasi utama untuk menciptakan good governance yang sukses.

"Jadi, Clean Government dan Good Governanance ini tidak bisa dipisahkan. Karena, untuk menciptakan Good Governance, kita harus menjalankan Clean Government terlebih dahulu," tambahnya.

Peningkatan Pelayanan Publik

Sebagai bagian dari program PRIMA, Maesyal Rasyid juga berencana untuk membangun layanan drive-thru kependudukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang. 

Saat ini, layanan drive-thru kependudukan baru diterapkan di Kecamatan Cisauk, sehingga perlu diperluas ke seluruh wilayah di Kabupaten Tangerang.

"Nanti, semua kecamatan akan dibangun layanan drive thrue. Tujuannya, agar pelayanan bisa dirasakan lebih cepat," ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga akan membangun Gerai Pelayanan Publik (GPP) permanen di lima titik strategis di Kabupaten Tangerang.

"Ke depan akan kita tambah lagi. Hingga 5 titik, tentunya hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang," katanya.

Solusi Pengangguran dan Peningkatan SDM

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Tangerang Intan Nurul Hikmah menambahkan, program PRIMA juga meliputi upaya menekan angka pengangguran dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat. 

Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui penyediaan lebih banyak Balai Latihan Kerja (BLK) dan pelatihan keterampilan, termasuk teknologi informasi dan bahasa asing.

"Dengan begitu masyarakat akan memiliki skil dan kualitas yang memiliki daya saing tinggi ketika melamar pekerjaan disebuah perusahaan. Sehingga, lapangan pekerjaan akan lebih terbuka lebar untuk masyarakat Kabupaten Tangerang," ucap Intan.

Adapun dalam rangka meningkatkan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, juga akan dibangun command center untuk data terpadu pembangunan dan pusat teknologi informasi, sehingga diharapkan hubungan antara masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tangerang lebih mudah terjalin tanpa adanya hambatan.

Tags Intan Nurul Hikmah Maesyal-Intan Moch Maesyal Rasyid Paslon Bupati-Wakil Bupati Tangerang Nomor Urut 02 Pilkada Kabupaten Tangerang 2024 Pilkada Serentak 2024 Rudy Maesyal Rasyid