Rabu, 23 Oktober 2024

Keren, Topi Bambu dari Kabupaten Tangerang Tembus Nominasi UCCN UNESCO

Sejumlah warga Tangerang saat itu sedang membuat kerajinan tangan berupa topi bambu.(Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Salah satu kerajinan khas Kabupaten Tangerang, topi bambu berhasil masuk dalam empat besar nominasi UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2025. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ujang Sudiartono menjelaskan, program UCCN adalah bagian dari upaya Pemkab Tangerang untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif, khususnya kerajinan bambu, ke kancah internasional. 

"Produk bambu menjadi ciri khas Kabupaten Tangerang salah satunya yaitu topi bambu, dan ini menjadi salah satu yang kita perjuangkan untuk bisa masuk ke level internasional," ucapnya pada rapat lanjutan di Ruang Rapat Wareng Gedung Bupati Tangerang, Senin, 30 September 2024.

Selain Kabupaten Tangerang, tiga daerah lain yang berhasil masuk nominasi empat besar UCCN adalah Kabupaten Ponorogo, Kota Malang, dan Kota Makassar. 

Saat ini, Pemkab Tangerang tengah fokus mempersiapkan dokumen dan pemberkasan yang diperlukan, bekerja sama dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Masih harus dilakukan pengumpulan serta perbaikan data-data yang diminta oleh panitia seleksi nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menyempurnakan dossier," tambahnya.

Ujang optimistis Kabupaten Tangerang memiliki peluang besar untuk menjadi bagian dari jaringan Kota Kreatif UNESCO pada tahun 2025.

"Sehingga kita bisa mengenalkan potensi Kabupaten Tangerang di kancah internasional," tutupnya.

Tags Kabupaten Tangerang Produk Inovasi Tangerang Produk Lokal Tangerang Topi Bambu