Rabu, 23 Oktober 2024

Peringati HSN 2024, Maesyal Rasyid Ngaji Bareng Santri

Calon Bupati Tangerang nomor urut 02 Maesyal Rasyid menggelar pengajian bersama para santri dan santriwati Nahdatul Ulama (NU) di Kampung Kebon Kopi, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, pada Senin, 21 Oktober 2024.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Calon Bupati Tangerang nomor urut 02, Moch. Maesyal Rasyid, memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024 dengan menggelar pengajian bersama para santri dan santriwati Nahdatul Ulama (NU) di Kampung Kebon Kopi, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, pada Senin, 21 Oktober 2024.

"Tentu santri merupakan pahlawan bangsa dan negara Indonesia, selain dapat menjadi agen pembentukan karakter masyarakat yang religius. Santri juga memiliki peran penting dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah," ungkap Maesyal Rasyid, yang akrab disapa Rudi Maesyal.

Dalam sejarah, santri ikut berkontribusi dalam kemerdekaan. Misalnya saja, terlibat dalam berbagai perlawanan di wilayah Sumatra Barat, Aceh, dan Jawa Barat, hingga berperan dalam perjuangan kemerdekaan. 

Salah satu tokoh besar dari kalangan santri, KH. Wahid Hasyim, putra KH. Hasyim Asy'ari, bahkan terlibat dalam pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang menjadi cikal bakal pembacaan Proklamasi.

"Maka dari itu, peran santri harus diapresiasi. Karena, mereka merupakan pahlawan-pahlawan negara yang mampu mengusir penjaja dari tanah NKRI," tegas Rudi Maesyal.

Selain memperingati HSN, acara pengajian tersebut juga sekaligus menjadi ajang untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Rudi Maesyal juga menyampaikan akan meneruskan dan mengembangkan program Sanitren, yang digagas oleh Bupati Tangerang sebelumnya, Ahmed Zaki Iskandar.

Program ini bertujuan untuk memperkuat pendidikan agama di pondok pesantren, termasuk melalui pembangunan asrama pondok dan pemberian beasiswa bagi santri yang berprestasi.

"Jangan sekali-kali kita melupaka sejarah, dan jangan pula kita melupakan jasa para pahlawan. Santri merupakan pahlawan yang telah berjuang mengusir para penjajah, maka dari harus kita apresiasi dalam bentuk program," kata Rudi Maesyal.

Ia berharap dengan adanya program ini, Kabupaten Tangerang dapat semakin maju dan tetap menjaga nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. 

Rudi Maesyal juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah yang lebih baik, agar Kabupaten Tangerang semakin gemilang dan religius.

Tags Hari Santri Nasional Maesyal-Intan Moch Maesyal Rasyid Rudy Maesyal Rasyid Santri Banten Santri Tangerang