Jumat, 20 September 2024

60 Persen Armada Sampah Tak Layak

Truk Sampah(tangerangnews / dira)

 
TANGERANGNEWS-Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang Karsidi mengakui hanya 40 persen dari sekitar 124 unit truk sampah milik Kota Tangerang yang masih dalam kondisi bagus dan layak. Meski demikian, truk yang tidak layak tetap dipakai untuk beroprasi karena sangat dibutuhkan.
 
“Kira-kira 60 persennya sudah tidak layak pakai karena sudah tua, rata-rata telah berusia diatas 10 tahun,” kata Karsidi, Selasa (5/01).Karsidi menambahkan, pihaknya justru berencana menambahkan truk sampah. Pasalnya, 124 truk yang tersedia, tetap tidak cukup mengangkut seluruh sampah yang ada di Kota Tangerang. “Jadi akan kita tambah sebanyak 29 unit, 2 diantaranya khusus untuk pertamanan,”terangnya.
 
Sementara menurut Sekda Kota Tangerang Harry Mulya Zein Pemkot Tangerang berencana akan menambah truk tersebut hingga 39 unit. Ia menjelaskan, dari jumlah kendaraan yang ada, pihaknya hanya dapat mengangkut sekitar 70 persen sampah atau sebanyak 3400 meter kubik. Sedangkan 30 persennya adalah sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat ke jalan dan sungai Cisadane.

“Semoga saja dengan rencana penambahan unit akan dapat mencapai target penanganan sampah 100 persen,” paparnya.(rangga/dira)

Tags