Jumat, 20 September 2024

20 Miliar Untuk Pelebaran Jalan KH Asyim Ashari

( / )

 
TANGERANGNEWS-Pemerintah Provinsi Banten akan mengalokasikan dana sebedar Rp 20 miliar untuk pelebaran jalan KH Asyim Ashari, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. Anggaran tersebut juga termasuk untuk pembebasan lahan mulai dari perempatan fly over Sudirman hingga ke underpass Ciledug.
 
Hal itu dijelaskan oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Banten Muhammad Haris dalam kunjungan rombongan DPRD Provinsi Banten dengan Pemkot Tangerang, kemarin. Menurutnya, proyek pelebaran jalan tersebut belum terselesaikan sejak empat tahun lalu, untuk itu pihaknya mengusahakan percepatan dengan anggaran yang telah dialokasikan dari APBD Pemprov Banten. "Jalan KH Asyim Ashari merupakan jalan Provinsi, ini tanggungjawab kita untuk berusaha menyelesaikannya," kata Muhammad Haris.
 
Sementara Wali Kota Tangerang H Wahidin Halim mengatakan harus ada kejelasan tugas dan tanggung jawab antara dua pemerintah daerah. Dalam hal ini Pemprov banten dan Kota Tangerang dalam melaksanakan kewajibannya dalam membangun fasilitas-fasilitas umum bagi masyarakat sesuai dengan proporsi masing-masing.
 
Dengan tegas, Walikota menjelaskan Jalan KH Hasyim Ashari merupakan Jalan Provinsi yang tanggung jawab pembangunan, pengelolaan dan pemeliharaannya merupakan kewenangan Pemprov Banten. “Karenanya, kami berharap pembangunan Jalan Hasyim Ashari ini bisa segera diselesaikan secepatnya. Dengan kondisi ini terus terang saja mengganggu proses pembangunan Pemkot Tangerang sendiri maupun Pemprov Banten,” tandas Walikota.
 
Dijelaskan juga oleh walikota Tangerang, selama lima tahun terakhir pihaknya sudah membangun jalan-jalan protokol dan jalan lingkungan. Untuk keseluruhan panjang jalan yang sudah dibangun sepanjang 1.340 Km. Salah satu yang sudah dibangun Pemkot Tangerang kata Wahidin untuk mengurai titik-titik kemacetan ruas Jalan Hasyim Ashari, telah dibuat sodetan di Pertigaan Cipondoh, yang sebetulnya hal itu merupakan tanggung jawab Pemprov Banten.(rangga)

Tags