Jumat, 20 September 2024

Anggota Dewan Selamatkan Bayi

( / )


TANGERANGNEWS-Lantaran tidak punya uang untuk membayar biaya persalinan rumah sakit, Aisyah dan bayinya ditahan oleh pihak RSUD Kabupaten Tangerang. Aisyah diketahui tidak memilki kartu multiguna sehingga dirinya tidak bisa berbuat banyak karena perekonomian keluarganya yang memang sedang sulit.  
 
Beruntung Aisyah dan sang bayi diselamatkan oleh  anggota DPRD Kota Tangerang H Mahdi yang  mau membayar seluruh biaya rumah sakit sejumlah Rp800 ribu. Sehingga bayi itu pun bias dibawa Aisyah.
Pada kesempatan itu, Mahdi pun langsung memberikan nama kepada anak tersebut, yakni Muhamad Ridho Media. “Saya yang tanggung semua biaya persalinannya,” ujar Mahdi ketika ditemui wartawan di RSUD Kabupaten Tangerang, Rabu (24/3).
 
Sebelumnya, berdasarkan pengakuan Aisya dirinya tidak diperboleh pulang oleh pihak RSUD sebelum melunasi pembayaran selama di rumah sakit. Ia pun mengakui bahwa dirinya tidak memilki kartu keluarga dan kartu multiguna sehingga dirinya tidak bisa mengurus surat keterangan tidak mampu yang menyebabkan dirinya tertahan beberapa hari di RSUD.
 
“Seharusnya saya sudah diperbolehkan pulang pada hari Minggu, tidak karena saya tidak mampu bayar, jadi saya dan anak saya ditahan disini,” ujar warga di Kebon Nanas, Kota Tangerang itu kepada TangerangNews.com.
 
Humas RSUD Kabupaten  Tangerang Achmad Muchlis membantah jika pihaknya menahan Aisyah dan bayinya. “Prosedur perawatan sudah kita lakukan, jika memang pasien tidak memiliki uang, pasien bisa menyerahkan kartu multiguna, SKTM atau Jamkesmas serta KTP untuk mengurus biaya perawatan," kata Muchlis.
 
Tapi, lanjutnya, meski prosedur perawatan tersebut sudah diberitahukan kepada pasien dan keluarganya sejak masuk, mereka sama sekali tidak menyerahkan surat-surat tersebut. Bahkan, sang pasien sendiri mengaku tidak memiliki KTP. " Kita hanya menunggu pembuatan surat keterangan tidak mampu dari pihak terkait," kata Muchlis.(rangga)

Tags