Rabu, 23 Oktober 2024

Ratusan Pelaku Usaha Bikin NIB Lewat Layanan Jemput Bola DPMPTSP Kota Tangerang

Kepala DPMPTSP Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagdja memberikan NIB kepada UMKM melalui pelayanan jemput bola, Rabu 14 Agustus 2024.(@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Layanan jemput bola pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang dimanfaatkan para pelaku usaha.

Tercatat program yang dibuka sejak 5 hingga 14 Agustus 2024 dalam rangka memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia ini, melayani sekitar 191 pembuatan NIB.

Adapun dari jumlah tersebut, 65 NIB di antaranya dari layanan yang dibuka di 7 lokasi seperti pasar, pusat perbelanjaan dan mal. Sedangkan lainnya berasal dari layanan yang dibuka di 13 Kecamatan.

"Hari terakhir di Kecamatan Karang Tengah dan Batu Ceper mencapai 83 NIB dan terus bertambah," kata Ugi, sapaan akrabnya, Rabu 14 Agustus 2024.

Menurutnya, layanan ini digelar tanpa dipungut biaya alias gratis, agar pelaku UMKM dapat dengan mudah membuat perizinan lainnya seperti izin BPOM, label halal hingga akses Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Untuk membuat itu semua butuh NIB. Kalau sudah punya mereka mudah mengajukannya. Diharapkan UMKM Kota Tangerang dapat lebih unggul, maju dan berdaya saing," jelas Ugi.

Ugi menambahkan sejak Agustus 2021 hingga Agustus 2024 DPMPTSP Kota Tangerang telah menerbitkan 79.196 NIB dari total 120 ribu UMKM yang terdata.

"Jadi masih ada gap. Kita mendorong agar semua UMKM bisa punya NIB dari program-program yang kita gelar," papar Ugi.

Tags DPMPTSP Kota Tangerang Kota Tangerang Pemkot Tangerang Perizinan Tangerang UKM Tangerang UMKM UMKM Indonesia UMKM Tangerang