Jumat, 20 September 2024

Konten Kreator hingga Influencer Beri Literasi Digital di Tangerang Digifest Vol.2

Ribuan pengunjung menyimak literasi digital dalam event Tangerang Digifest Vol.2 Tahun 2024 yang digelar di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, Kamis 22 Agustus 2024, malam.(@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Tangerang Digifest Vol.2 Tahun 2024 diisi dengan kegiatan literasi digital yang menghadirkan narasumber berkualitas, di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, Kamis 22 Agustus 2024, malam.

Melalui Talkshow Sukses di Era Digital tiga narasumber yang dihadirkan yakni Podcast Producer Fajar Sidiq, Konten Kreator dan pengusaha Richard Theodore, serta YouTuber dan Influencer Ismi Nur Hidayah. Mereka memberikan pemahaman soal dunia digital kepada ribuan masyarakat yang hadir saat itu.

Fajar Sidiq menjelaskan di era digital saat ini selain memiliki banyak manfaat juga banyak hal negatifnya. Salah satunya penyalahgunaan data pribadi. Salah satu contoh kasusnya pengambilan data pribadi lewat kemasan belanja online.

"Kalau kita belanja online, itu tertera nama dan alamat kita di bungkus paketnya. Jangan langsung dibuang begitu saja, kalau bisa dihancurkan dulu biar data kita tidak diambil," katanya.

Kemudian ia juga mengimbau untuk memposting foto di depan rumah karena bisa menjadi sasaran kejahatan. Begitu juga foto di depan makam orang tua.

"Jangan foto depan batu nisan, karena ada nama ibu, itu bisa digunakan untuk penyalahgunaan," katanya.

Fajar, keamanan digital sangat untuk terhindar dari aksi kejahatan seperti pishing dan scam. Ia pun memberi tips agar akun-akun digital kita tetap aman.

"Salah satu upaya terhindar dari pishing dan scam, apalagi punya bisnis online, yakni gunakan password yang rumit, jangan gunakan nama atau tanggal lahir. Lalu gunakan fitur verifikasi dua faktor saat login biar lebih aman," jelasnya.

Sementara itu, Youtuber Ismi Nur Hidayah menceritakan perjalanannya dari pengemudi ojek online (ojol) hingga menjadi konten kreator yang cukup sukses. Ismi mengaku sebelumnya pernah menjadi kasir minimarket selama 3 tahun, kemudian beralih menjadi ojol.

"Di sela-sela jadi ojol, saya bikin konten membagikan keseharian saya seperti menunggu penumpang, ngopi atau ngobrol-ngobrol dengan sesama ojol di pinggir jalan," ucapnya.

Ternyata kontennya mendapat respon positif dari follower hingga ia terus mengembangkannya sampai saat ini.

"Yang penting kalau bikin konten harus niat, jangan berhenti di tengah jalan. Lalu, harus punya personal branding, kita tentukan mau fokus bikin konten apa, misalnya konten make up, ikuti trend sedang viral. Harus konsisten setiap hari, jangan bolong-bolong," terangnya.

Kepala Bidang DIKP Diskominfo Kota Tangerang Ian Chavidz Rizqiullah mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk mengedukasi literasi digital kepada masyarakat, khususnya seluruh pengunjung Digifest Vol.2 ini.

“Kegiatan ini menjadi sajian yang akan mengedukasi dan menginspirasi, tak terkecuali menjadi wadah diskusi untuk sama-sama mengembangkan dunia digital di Kota Tangerang,” katanya.

Untuk diketahui, Tangerang Digifest Vol.2 tahun ini digelar selama 2 hari dari tanggal 22-23 Agustus 2024 di Lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang dengan menghadirkan berbagai bentuk kolaborasi edukasi, informasi dan ekonomi melalui inovasi tekonologi digital seperti booth pelayanan digital, Lomba E-Sport, pameran kampus digital dan Talkshow Sukses di Era Digital serta dimeriahkan dengan pertunjukan musik dari dua band ternama tanah air, The Changcuters dan Guyon Waton.

Tags Berita Kota Tangerang Dinas Kominfo Kota Tangerang Dinas Komunikasi dan Informatika Event Tangerang Kota Tangerang Pemkot Tangerang Tangerang Digital Festival Vol.2