Jumat, 20 September 2024

Faldo Soroti Sampah Berserakan di Kali Sipon Cipondoh

Bacalon Wali Kota Tangerang Faldo Maldini mengecek tumpukan sampah di Kali Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang, Selasa 27 Agustus 2024.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Bakal Calon Wali Kota Tangerang Faldo Maldini menyoroti persoalan penanganan sampah yang berserakan di Kali Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang.

Menurut Faldo, di setiap wilayah Kota Tangerang, banyak sampah kerap ditemui. Sampah itu didominasi jenis non-organik atau sampah plastik.

Hal ini mengakibatkan aliran kali dan drainase yang seharusnya difungsikan sebagai saluran air, seakan beralih fungsi menjadi tempat sampah.

Kondisi itu kerap kali membuat kali dan drainase meluap ke badan jalan saat musim hujan.

"Sampah dan banjir adalah dua persoalan akut yang saling berkaitan dan berdampak negatif terhadap lingkungan serta kehidupan masyarakat di Kota Tangerang. Makanya, masalah sampah memang perlu melibatkan kesadaran masyarakat sekitar," kata Faldo Maldini melalui keterangan tertulisnya, Selasa 27 Agustus 2024.

Fadlo juga menyebut keluhan masyarakat soal pengelolaan sampah di Kota Tangerang masih sering terdengar.

Sampah yang tidak dikelola dengan baik, bisa menyumbat saluran air, sehingga menyebabkan air tidak mengalir dengan lancar. Akibatnya, saat hujan deras, air meluap dan menyebabkan banjir.

"Tersumbatnya saluran kali dan drainase akibat tumpukan sampah jika musim penghujan datang, akan mengakibatkan meluapnya air dan menyebabkan banjir," ujar Faldo. 

Faldo berharap agar ke depannya, pihak terkait dapat membuka pintu diskusi konstruktif antara legislatif dan eksekutif, untuk mencari solusi bersama yang efektif, dalam menanggulangi permasalahan sampah di Kota Tangerang. 

Ia berkomitmen untuk menciptakan terobosan baru dalam penanganan sampah di Kota Tangerang. Tujuannya, agar sampah tersebut tidak menyumbat drainase yang bisa memicu terjadinya genangan dan banjir.

"Dampak dari sampah dan banjir ini sangat merugikan kita, baik dari segi ekonomi maupun kualitas hidup. Ini yang nanti kita lakukan terobosan baru soal penganganan sampah," ungkapnya.

Tags Berhenti Membuang Sampah Sembarangan Berita Kota Tangerang Faldo Maldini Kota Tangerang Sampah Kota Tangerang Sampah Menggunung Tangerang Sampah Tangerang Stop Membuang Sampah Sembarangan