Sabtu, 21 September 2024

Dinkes Pastikan Kota Tangerang Masih Zero Kasus Mpox Cacar Monyet

Ilustrasi cacar monyet.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Dalam beberapa waktu terakhir, kasus mpox atau cacar monyet dilaporkan meningkat di berbagai negara. Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menegaskan bahwa hingga saat ini, Kota Tangerang masih bebas dari kasus positif mpox. 

Meskipun demikian, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai langkah pencegahan.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menjelaskan, penularan mpox dapat terjadi melalui kontak erat, baik langsung maupun tidak langsung. "Kontak fisik termasuk hubungan seksual. Lalu, penularan tidak langsung seperti melalui benda-benda. Jadi, apabila seseorang menyentuh atau menggunakan barang yang terinfeksi mpox maka dapat terpapar," bebernya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Dini menyebut fasilitas kesehatan di Kota Tangerang telah siap untuk menangani kemungkinan kasus mpox, dan tracing akan segera dilakukan jika ditemukan kasus positif di lingkungan tertentu. 

Nantinya, jika ada orang yang terindikasi telah terinfeksi, maka kontak erat akan dicari dan ditindaklanjuti sesuai hasil pemeriksaan laboratorium.

"Paling utama adalah bagaimana kita melakukan pencegahan sehingga tidak terjadi dan memutus penularan agar tidak menyebar. Maka, PHBS menjadi salah satu kunci utama dalam upaya pencegahan," tutupnya.

Tags Berita Kesehatan Cacar Monyet Dinkes Kota Tangerang Penyakit Berbahaya Penyakit Menular Penyakit Menular Seksual