Kamis, 19 September 2024

Layanan Gratis Baggage Assistance di Terminal 3 Bandara Soetta, Pindahkan Bagasi Tidak Lagi Repot

Layanan gratis Baggage Assistance di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat 6 Agustus 2024.(@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menghadirkan layanan baru bebas biaya Baggage Assistance di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang.

Hadirnya layanan inovasi untuk membantu penanganan bagasi penumpang pesawat ini bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) pada 4 September 2024.

“Pada momen Hari Pelanggan Nasional 2024, kami memperkenalkan layanan Baggage Assistance. Layanan ini nantinya juga dapat tersedia di bandara-bandara lain yang dikelola InJourney Airports,” ujar Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi, Jumat 6 September 2024.

Layanan baru Baggage Assistance ini tersedia di titik keberangkatan dan kedatangan di Terminal 3.

Pada titik keberangkatan, petugas layanan Baggage Assistance akan memberikan bantuan kepada penumpang pesawat, untuk memindahkan bagasi dari kendaraan pengantar ke troli di area pengantaran (drop zone) Terminal 3.

Lebih dari itu, petugas Baggage Assistance juga dapat membantu penumpang prioritas seperti misalnya ibu hamil dan lansia, hingga ke konter check in untuk memproses keberangkatan. 

“Petugas Baggage Assistance selain membantu penumpang menurunkan bagasi dari kendaraan ke troli, juga berperan dalam mempersingkat waktu pengantaran (drop off time), sehingga lalu lintas kendaraan dapat semakin lancar,” jelas Faik. 

Sementara itu di titik kedatangan, petugas Baggage Assistance akan membantu penumpang memindahkan bagasi dari troli ke kendaraan di area penjemputan (pick up zone).

Layanan ini juga dapat mempersingkat waktu penjemputan (pick up time). 

Layanan Baggage Assistance juga dapat ditemui di area pengambilan bagasi (baggage claim), saat penumpang pesawat baru mendarat di bandara.

Petugas Baggage Assistance dapat membantu penumpang pesawat untuk mengambil bagasi dari conveyor belt di baggage claim area.

“Petugas Baggage Assistance dilengkapi dengan seragam khusus, sehingga mudah dikenali penumpang pesawat. Kami berharap keberadaan layanan baru ini dapat membantu penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan udara,” jelas Faik Fahmi. 

Baggage Assistance yang dikenalkan pada Harpelnas 2024 ini, melengkapi inovasi penanganan bagasi pesawat Self Bag Drop yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu di Bandara Soetta.

Layanan Self Bag Drop memungkinkan penumpang pesawat dapat secara cepat mendaftarkan bagasinya melalui mesin self check in baggage.

Kemudian penumpang dapat langsung menuju konter khusus, guna memproses bagasi terdaftar tersebut untuk dimasukkan ke dalam pesawat. 

“Dengan adanya beragam inovasi, penumpang pesawat dapat memilih layanan penanganan bagasi yang sesuai dengan kebutuhan,” ujar Faik Fahmi.

 

Parade Budaya Nusantara

Adapun dalam merayakan Harpelnas 2024, InJourney Airports juga menggelar beragam kegiatan antara lain Parade Budaya Nusantara di Bandara Soetta.

Parade Budaya Nusantara digelar di Terminal 3 dengan menghadirkan berbagai pertunjukan dan atraksi budaya dari berbagai daerah di Indonesia yang mencerminkan keberagaman nusantara.

Direktur Operasi InJourney Airports Wendo Asrul Rose mengatakan Parade Budaya Nusantara memberikan pengalaman unik bagi penumpang pesawat saat melakukan perjalanan. 

“Pada momen spesial Hari Pelanggan Nasional, InJourney Airports ingin memberikan pengalaman terbaik kepada penumpang pesawat saat melakukan perjalanan, di antaranya melalui Parade Budaya Nusantara yang digelar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya.

“Melalui Parade Budaya Nusantara, penumpang pesawat dapat lebih mengenal lagi kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia untuk semakin menumbuhkan rasa cinta kepada Tanah Air,” tambah Wendo.

Pada Parade Budaya Nusantara di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang digelar pada Rabu 4 September 2024, menampilkan budaya Kalimantan, Palembang, Sumatra Barat dan Betawi.

Tags Bandara Bandara Soekarno-Hatta Berita Bandara Soetta Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Penumpang Pesawat