Rabu, 23 Oktober 2024

Majukan UMKM, Toko Daging Nusantara Gandeng Pengusaha Kecil di Tangerang

Toko Daging Nusantara (TDN) membuka gerai ke-13 di Karawaci Tangerang, Sabtu 14 September 2024.(@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Toko Daging Nusantara (TDN), di bawah naungan PT Suri Nusantara Jaya baru saja membuka gerai ke-13 di Karawaci Tangerang, dengan menggandeng kalangan UMKM. Hal ini sebagai upaya membantu para pelaku UMKM mengembangkan sayap bisnisnya.

Aldi Wibowo, Direktur Pengembangan Bisnis PT Suri Nusantara Jaya menjelaskan kerja sama dengan para pelaku UMKM setempat dimaksudkan untuk membantu dalam mempermudah proses penjualan produk mereka secara offline.

"Kami membantu dengan cara tidak memberi listing fee dan rafaksi/rabat atau potongan harga bagi para pelaku UMKM. Untuk pembayaran produk yang telah laku, kami menerapkan sistem consignment di mana produk yang laku akan dibayar sesuai claim dari si pemilik produk," ungkapnya, Minggu 15 September 2024.

Kerja sama dengan para pelaku UMKM, hanya diterapkan di TDN Karawaci tetapi juga telah diterapkan oleh TDN di wilayah Bandung.

TDN di kota kembang tersebut menerima titipan produk berupa keju, cireng ataupun batagor, yang telah dikemas dalam bentuk frozen.

Untuk membantu pemerintah dalam menyerap tenaga kerja, TDN juga mempekerjakan warga setempat yang masih mencari pekerjaan.

"Untuk mendapatkan tenaga kerja, TDN terlebih dahulu melakukan mapping dan bekerja sama dengan kelurahan, kecamatan serta organisasi masyarakat setempat," jelas Aldi

Adapun kebutuhan pokok yang dijual di TDN Karawaci meliputi beras, minyak goreng, tepung terigu, telur dan gula. TDN juga menjual makanan anak seperti chiki, biskuit coklat serta aneka bumbu kemasan.

"TDN juga menjual sayur, buah seperti apel, jeruk sunkist dan anggur. Buah frozen import seperti blueberry, strawberry serta peach atau persik juga turut dijual," ujar Aldi.

Seperti diketahui sebelumnya, selain di Karawaci Tangerang, TDN telah memiliki 12 gerai lainnya diberbagai kota. Adapun cabang gerai TDN yang dimiliki oleh pengusaha Diana Dewi tersebut telah berdiri di Kranggan Jatisampurna (Bekasi), GDC (Depok), Jatirawamangun (Jakarta Timur) dan Duri Kosambi (Jakarta Barat).

Selain itu, TDN juga telah membuka gerai cabangnya di Cikarang Utara (Bekasi), Soepomo-Tebet dan Kemang (Jakarta Selatan), Cikampek (Karawang), Soreang (Bandung), Kranji (Bekasi), Kramat (Jakarta Pusat) serta Ceger-Cipayung (Jakarta Timur).

Tags Bisnis Bisnis Tangerang UKM Tangerang UMKM UMKM Banten UMKM Indonesia UMKM Tangerang