Jumat, 20 September 2024

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kota Tangerang Ajak Penghuni Lapas Ikut Nyoblos di Pilkada 2024

Anggota KPU Kota Tangerang, Yudhistira saat memberikan sosialisasi kepada penghuni lapas di Tangerang, Senin, 9 September 2024.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, KPU Kota Tangerang aktif melakukan sosialisasi ke berbagai kalangan, termasuk para warga binaan.

Tak tanggung-tanggung, KPU menggelar kegiatan sosialisasi di empat lembaga pemasyarakatan (Lapas) sekaligus, yakni Lapas Pria Kelas I, Lapas Pemuda II A, Lapas Perempuan II A, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), pada Senin, 9 September 2024, lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa para penghuni lapas, meskipun berada dalam tahanan, tetap memiliki akses yang sama untuk menggunakan hak pilihnya. 

Menurut KPU Kota Tangerang, hak pilih adalah hak dasar yang dimiliki setiap warga negara, termasuk mereka yang tengah menjalani masa hukuman. 

Anggota KPU Kota Tangerang Yudhistira mengatakan, sosialisasi ini diharapkan agar para penghuni lapas dapat mengetahui hak dan kewajibannya sebagai pemilih, serta memahami mekanisme pencoblosan pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.

"Kami ingin memastikan bahwa seluruh warga negara, termasuk yang berada di lapas, tetap memiliki kesempatan yang sama untuk turut serta dalam menentukan pemimpin daerah melalui Pilkada Serentak 2024," tegasnya.

Dalam sosialisasi tersebut, KPU menjelaskan secara detail tentang prosedur pemungutan suara, pentingnya kehadiran dalam pemilihan, serta tahapan-tahapan yang harus diikuti pada hari pencoblosan. 

Kegiatan sosialisasi ini pun mendapat sambutan hangat dari pihak lapas dan para penghuni. Sebab, para penghuni lapas merasa mendapat perhatian dan kesempatan yang setara untuk ikut serta dalam menentukan masa depan daerah melalui Pilkada 2024.

Selain memberikan pemahaman terkait teknis pemungutan suara, KPU juga mendorong penghuni lapas untuk menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab.

KPU berharap, melalui sosialisasi ini, tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024 akan semakin meningkat, termasuk dari kelompok penghuni lapas. 

Tags KPU Kota Tangerang Lapas Tangerang Napi Tangerang Pilkada Kota Tangerang 2024 Pilkada Serentak 2024