Sabtu, 19 Oktober 2024

Sekda: Zakat, Infak, dan Sedekah di Kota Tangerang Capai Rp16,2 Miliar

Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman memberikan sambutan acara Evaluasi Tahun 2024 dan penyusunan RKAT 2025 Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang, di Chevilly Resort & Camp, Kabupaten Bogor, pada Selasa, 15 Oktober 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, mengumumkan pencapaian pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) di Kota Tangerang yang telah mencapai Rp16,2 miliar hingga September 2024. 

Angka ini mendekati target tahun 2024 sebesar Rp18 miliar, dengan penyaluran dana yang telah mencapai 96% dari jumlah yang terkumpul. 

Pengumuman ini disampaikan dalam acara Evaluasi Tahun 2024 dan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) 2025 Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang, yang berlangsung di Chevilly Resort & Camp, Kabupaten Bogor, pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Herman Suwarman mengapresiasi BAZNAS Kota Tangerang atas kontribusinya dalam memberdayakan umat dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan zakat yang amanah dan profesional.

"Atas nama Pemerintah Kota Tangerang, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada BAZNAS Kota Tangerang yang terus berperan aktif dalam mendukung pemberdayaan umat dan memastikan zakat dapat disalurkan kepada yang berhak," ungkap Herman.

Menurutnya, pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel menjadi kunci dalam mencapai target yang lebih tinggi dan memastikan bantuan tepat sasaran.

Oleh karena itu, Pemkot Tangerang akan membantu BAZNAS dalam pembenahan, evaluasi, serta inovasi agar lembaga ini semakin amanah dan profesional. 

Dengan pertumbuhan penerimaan ZIS yang semakin positif dari tahun ke tahun, Herman mengakui hal ini sebagai bukti meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap BAZNAS Kota Tangerang. 

Ia berharap, ke depannya, program-program BAZNAS dapat lebih inovatif dan selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tangerang, khususnya dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap, seluruh pihak yang terlibat senantiasa amanah dalam menjalankan tugas dan mendapat keberkahan dari Allah SWT," kata Herman.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kota Tangerang KH. M. Aslie Elhusyairy mengatakan, BAZNAS siap untuk mencapai target pengumpulan ZIS yang lebih tinggi pada tahun 2025, yakni sebesar Rp21,6 miliar. 

"Kami optimis, dengan kolaborasi bersama target yang kami tetapkan insya Allah bisa tercapai, semoga Allah SWT memudahkan upaya kita semua," tutupnya.

Tags Sedekah Pemkot Tangerang Sekda Tangerang Zakat Tangerang