Jumat, 20 September 2024

Makin Diminati, PLN Icon Plus Raih 1 Juta Pelanggan ICONNET pada 2023

Ilustrasi stakeholder PLN Icon Plus(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PLN Icon Plus, sebagai subholding beyond kWh dari PT PLN (Persero), berhasil mencapai lebih dari 1 juta pelanggan ICONNET di tahun 2023. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN kini tidak hanya berfokus pada energi. Sebab, melalui PLN Icon Plus, PLN menunjukkan transformasi dalam menyediakan layanan beyond kWh yang andal dan terjangkau.

"Effort penuh yang dilakukan mampu memberikan layanan integrasi digital baik untuk PLN maupun secara komersial ke pelanggan," ujar Darmawan.

Darmawan juga menekankan bahwa percepatan transformasi digital akan menjadi prioritas utama PLN Group. 

Subholding ini akan memiliki peran penting dalam menyediakan infrastruktur telekomunikasi dan mengembangkan smart electricity di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Proyek ini menunjukkan peran strategis PLN Icon Plus dalam mendukung pembangunan infrastruktur nasional serta transisi energi hijau," bebernya.

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menjelaskan, selama tahun 2023, PLN Icon Plus berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta pelanggan. 

Hal ini berkontribusi pada pertumbuhan keuangan perusahaan dengan pendapatan mencapai Rp5,3 triliun, meningkat 33% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2023, PLN Icon Plus fokus pada pengembangan solusi digital seperti energy management system dan credit scoring. 

Untuk itu, digitalisasi di seluruh unit PLN Group telah meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga mengembangkan bisnis melalui investasi di segmen retail dan publik, menunjukkan daya saing dan inovasi dalam menghadapi tantangan industri.

"PLN Icon Plus membuktikan daya saing dan inovasinya di industri telekomunikasi. Di masa mendatang, kami akan terus berinovasi dan memastikan bahwa kami memberikan nilai lebih bagi pelanggan dan pemegang saham," tukasnya.

Sepanjang tahun 2023, PLN Icon Plus menerima 103 penghargaan yang mencakup berbagai aspek bisnis, termasuk inovasi digital dan implementasi GRC (Governance, Risk Management, and Compliance). 

PLN Icon Plus optimis dapat terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi industri telekomunikasi dan teknologi di Indonesia.

Tags Internet Internet Cepat Kelistrikan Nasional PLN Icon Plus PT PLN Persero