Jumat, 20 September 2024

PLN Siagakan 450 Personel Selama Upacara HUT ke-79 RI di IKN

PT PLN (Persero) menggelar apel siaga di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) menggelar apel siaga di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus 2024, mendatang. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya menyediakan pasokan listrik yang andal meliputi pasokan daya, transmisi, distribusi, serta kesiapsiagaan personel untuk mendukung upacara tersebut.

"Untuk momentum yang sangat bersejarah ini, kita berikan yang terbaik," ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan, PLN menyiagakan 450 personel dan mendirikan 17 posko di berbagai lokasi acara. 

PLN juga menerapkan skema pengamanan listrik berlapis, termasuk dua penyulang dari Gas Insulated Switchgear (GIS) 4, GI Mobile, 35 Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai cadangan, serta 28 genset darurat dan 17 unit gardu bergerak (UGB).

Darmawan juga menyebut PLN telah menyediakan listrik bersih dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN dengan kapasitas produksi 10 Megawatt (MW). 

Meskipun kebutuhan listrik untuk acara HUT ke-79 RI meningkat dari 1,5 MW menjadi 3 MW, PLN masih memiliki cadangan listrik sebesar 7 MW yang dapat dialihkan ke sistem interkoneksi Kalimantan.

Dengan pengalaman dan keberhasilan dalam menyelenggarakan berbagai acara penting, Darmawan optimistis bahwa upacara HUT RI di IKN akan berlangsung sukses.

"Upacara besok adalah permulaan, karena ke depan kita punya visi yang sangat besar yaitu membangun sistem kelistikan yang terbaik mendukung IKN, mendukung pembangunan Indonesia di mana listrik PLN ini akan menjadi energi masa depan," pungkasnya.

Tags Hari Kemerdekaan Republik Indonesia HUT ke-79 RI IKN Nusantara Kelistrikan Nasional PT PLN Persero