Kamis, 19 September 2024

Kabar Gembira! Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang Sampai 10 September

Ilustrasi Tes CPNS.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 resmi diperpanjang hingga 10 September 2024.

Hal ini diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyusul terjadinya kendala teknis pada sistem e-meterai yang disediakan oleh Perum Peruri.

Selain perpanjangan masa pendaftaran, penggunaan meterai tempel pun diizinkan untuk memenuhi syarat administrasi.

Ketentuan ini diatur dalam Surat Deputi BKN Nomor 5915/B-SI.02.03/SD/E/2024, yang mengizinkan pendaftar menggunakan materai tempel maupun e-meterai pada dokumen yang diunggah, seperti Surat Lamaran dan Surat Pernyataan Instansi. 

Langkah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi calon pendaftar yang belum bisa menyelesaikan persyaratan administrasi.

Dalam surat resmi BKN yang diterbitkan pada Jumat, 6 September 2024, dijelaskan bahwa panitia seleksi instansi akan memverifikasi keabsahan meterai yang digunakan dalam dokumen pendaftaran. 

"Diperkenankan bagi calon pendaftar untuk menggunakan meterai elektronik (e-meterai) maupun meterai konvensional (tempel) pada dokumen unggahan Surat Lamaran maupun Surat Pernyataan Instansi," tulis BKN dalam surat resminya.

BKN juga mengingatkan agar calon pendaftar menghindari penggunaan materai palsu atau bekas, karena hal tersebut dapat menyebabkan pendaftar dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada tahap seleksi administrasi.

Selain itu, BKN menekankan bahwa penggunaan meterai tempel harus sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.03/2021. Penggunaan meterai yang tidak sesuai ketentuan akan berakibat pada gagalnya proses pendaftaran. 

Tags BKN CPNS 2024 CPNS CPNS 2024 e-Meterai Formasi CPNS 2024 Jadwal CPNS 2024 Materai Digital Meterai Elektronik Pendaftaran CPNS 2024