Rabu, 23 Oktober 2024

Kapan Musim Hujan 2024 Dimulai? Begini Penjelasan BMKG

Ilustrasi hujan lebat.(@TangerangNews / iNews)

TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami musim hujan lebih awal pada 2024. 

BMKG memperkirakan puncak musim hujan akan berlangsung antara November 2024 hingga Februari 2025, dengan intensitas hujan yang diprediksi berada dalam kategori normal.

"Musim hujan periode ini akan datang lebih awal dari biasanya dengan sifat hujan mayoritas akan berada pada kategori normal," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dikutip dari CNN Indonesia, Senin, 23 September 2024.

Menurut BMKG, sekitar 79,1 persen dari total 553 Zona Musim (ZOM) di Indonesia diprediksi akan mengalami curah hujan dengan intensitas normal. 

Artinya, sebagian besar wilayah Indonesia tidak akan mengalami curah hujan yang lebih basah atau lebih kering dari biasanya.

Lebih lanjut, Dwikorita menjelaskan, sebanyak 303 ZOM, atau 43,4 persen dari seluruh zona, akan mengalami puncak musim hujan pada bulan November hingga Desember 2024. Daerah-daerah tersebut mencakup Pulau Sumatra, pesisir selatan Jawa, dan Kalimantan.

Selain itu, 250 ZOM lainnya, atau sekitar 35,8 persen, diprediksi akan mengalami puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2025. 

Wilayah yang termasuk dalam kategori ini adalah Lampung, bagian utara Pulau Jawa, sebagian kecil Pulau Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan sebagian besar wilayah Papua.

BMKG juga melaporkan bahwa sebanyak 10,7 persen dari 669 zona musim di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan sejak September ini. 

Kondisi ini disebabkan oleh suhu muka laut di wilayah Indonesia yang terpantau cukup hangat, sehingga mempercepat datangnya musim hujan di beberapa daerah.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan menambahkan, suhu permukaan laut yang hangat turut memicu datangnya musim hujan lebih awal. 

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk mempersiapkan diri, terutama dalam menghadapi curah hujan yang lebih tinggi di beberapa wilayah. 

Tags BMKG Banten Cuaca Esktrem Hujan Deras Tangerang Musim Hujan Tangerang Prakiraan Cuaca