Selasa, 22 Oktober 2024

Cara Mudah Melaporkan Gangguan Listrik Pakai Aplikasi PLN Mobile

Tampilan aplikasi PLN Mobile.(@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Bagi pelanggan PLN di Provinsi Banten, kini mengatasi masalah listrik seperti pemadaman, gagal isi token, atau gangguan instalasi bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile. 

Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pelanggan dalam melaporkan berbagai gangguan listrik tanpa harus mendatangi kantor PLN atau mencari kontak petugas.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten Moch. Andy Adchaminoerdin yang akrab disapa Andy Acha menjelaskan, setiap pengaduan yang masuk melalui PLN Mobile akan segera ditindaklanjuti oleh tim PLN. 

"PLN Mobile merupakan aplikasi resmi PLN untuk memudahkan masyarakat melakukan pengaduan gangguan listrik, sehingga tak perlu repot harus datang ke kantor PLN atau mencari kontak petugas PLN," ujar Andy Acha.

Cara Pengaduan Listrik via PLN Mobile

  1. Buka aplikasi PLN Mobile, lalu pilih menu "Pengaduan."
  2. Pilih jenis gangguan yang ingin dilaporkan (jenis gangguan hanya bisa diubah sebelum memilih ID Pelanggan/No. Meter).
  3. Pilih atau masukkan ID Pelanggan/No. Meter secara manual jika belum terdaftar.
  4. Klik KONFIRMASI, lalu pilih "YA" jika data sudah sesuai.
  5. Sertakan deskripsi laporan dan foto pendukung.
  6. Klik KIRIM PENGADUAN.
  7. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format Gxxxxx, dan laporan akan diteruskan ke petugas terkait.

Andy Acha menambahkan, jika data pengaduan sudah lengkap, laporan akan segera diteruskan untuk penanganan. Pelanggan juga bisa melacak status pengaduan melalui aplikasi.

Salah satu pelanggan, Eko, pemilik bisnis steam mobil, mengungkapkan, kehadiran aplikasi PLN Mobile sangat membantunya menjalankan usaha.

"Pengaduan saya langsung ditanggapi, dan saya merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan karena petugas datang begitu cepat," kata Eko.

Andy Acha juga mengingatkan agar pelanggan tidak memberikan uang tip kepada petugas PLN karena layanan ini sepenuhnya gratis.

Tags Kelistrikan Nasional Listrik Tangerang PLN Banten PLN Mobile PT PLN Persero