Connect With Us

Dosen Unpam Bekali Siswa SMK Ilmu Perbankan Syariah

Tim TangerangNews.com | Kamis, 20 Mei 2021 | 10:47

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Universitas Pamulang. (@TangerangNews / Tsarina Zenabia)

TANGERANGNEWS.com-Para dosen civitas akademika Universitas Pamulang yang tergabung dalam Program Studi Akuntansi kembali melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM yang mengusung tema “Pengenalan Produk Perbankan Syariah Bagi Siswa Siswi SMK Al Amanah di Setu-Tangerang Selatan” ini berlangsung dari tanggal 9 - 11 April 2021.

Adapun kegiatan PKM kali ini menyasar para siswa SMK jurusan Akuntansi Perbankan. Hal ini menjadi penting untuk membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan perbankan syariah.

Kegiatan ini juga membantu mewujudkan visi misi sekolah dimana para siswa diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni dan kompeten dengan jurusan perbankan. 

Meningkatkan keterampilan akuntansi para siswa yang kelak diharapkan dapat menjadi insan cendekia yang siap menuju jenjang pendidikan tinggi dan siap pakai di dunia kerja.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara virtual.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa SMK Al Amanah diberikan pengetahuan tambahan yang terkait dengan perbankan syariah seperti produk penghimpunan dana tabungan, giro dan deposito syariah, produk jasa bank syariah (kiriman uang, bank garansi, kliring, anjak piutang, dan gadai) dan jenis-jenis akad syariah. 

Untuk menambah ketrampilan atau soft skill, para siswa juga diajarkan perhitungan nisbah bagi hasil bank syariah serta jurnal pencatatan akuntansi atas transaksi pembiayaan dengan akad murabahah, pembiayaan ijarah dan pembiayaan musyarakah.

Kegiatan PKM yang dilakukan oleh para dosen dari Universitas Pamulang ini merupakan bentuk peran serta dan tanggungjawab lembaga perguruan tinggi, dalam upaya merespon perkembangan industri keuangan syariah dengan mempersiapkan sumberdaya manusia (SDM) yang professional, unggul dan bermutu di bidang perbankan syariah.

Ketersediaan sumber daya manusia dibidang perbankan syariah yang unggul menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat, terutama sekolah kejuruan dan perguruan tinggi.

Semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana sehingga tercipta hubungan yang saling memperkuat antara pihak sekolah dan perguruan tinggi. (RAZ/RAC)

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill