Connect With Us

UMN Latih Personel Korem 052/Wijayakrama Microsoft 

Tim TangerangNews.com | Selasa, 8 Juni 2021 | 18:50

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melatih 40 prajurit Komando Rayon Militer (Korem) 052/Wijayakrama dan jajaran pengolahan administrasi dan pangkalan data (database) menggunakan Microsoft Access, Selasa (8/6/2021). (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melatih 40 prajurit Komando Rayon Militer (Korem) 052/Wijayakrama dan jajaran pengolahan administrasi dan pangkalan data (database) menggunakan Microsoft Access, Selasa 8 Juni 2021.

Kegiatan yang dihelat di Kampus UMN tersebut turut dihadiri Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMN dr. Winarno dan Kepala Informasi dan Pengolahan Data (Kainfolahta) Korem 052/Wijayakrama Kapten Chb Wahidin.

Ketua tim pelatih dalam kegiatan tersebut Fenina mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan agar prajurit dan pegawai di lingkungan Korem 052/Wijayakrama mampu mengolah pangkalan data (database) menjadi informasi yang berguna.

“Tim pelatih terdiri dari lima dan dan enam mahasiswa dari Prodi Informatika Fakultas Teknik dan Informatika UMN," ujarnya di lokasi kegiatan.

Pelatihan akan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, peserta diperkenalkan pada pengetahuan dasar Microsoft Acces, seperti query, relasi dan pembuatan tabel. Kemudian pada hari kedua, peserta akan berlatih membuat form lengkap dengan pangkalan datanya (database-nya).

 

Direktur LPPM UMN Dr. Winarno mengatakan, kegiatan pelatihan Microsoft Access ini adalah wujud pengabdian kepada masyarakat dari UMN, dimana Microsoft Access merupakan piranti lunak (software) manajemen basis data.

Pada era sekarang ini, kata dia, keahlian mengelola pangkalan data sangat penting. Bahkan semua orang termasuk jajaran Korem 052/Wijayakrama sekarang dihadapkan kepada pengelolaan data besar (big data) karena data semakin besar jumlahnya.

"Salah satu keahlian yang sedang menjadi trend saat ini adalah data science. Oleh sebab itu dengan belajar penggunaan software database, maka kita telah mengikuti perkembangan teknologi," demikian Winarno menjelaskan.

	Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melatih 40 prajurit Komando Rayon Militer (Korem) 052/Wijayakrama dan jajaran pengolahan administrasi dan pangkalan data (database) menggunakan Microsoft Access, Selasa (8/6/2021).

 

Mitra Kampus UMN

Sementara itu, Kepala Pengabdian Kepada Masyarakat UMN Dr. Indiwan Seto Wahjuwibowo mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kerjasama yang baik antara LPPM UMN dengan mitra, khususnya Korem/ 052/Wijayakrama.

“Kegiatan ini bukan yang pertama kali. Kami sudah melatih jajaran Korem 052/Wijayakrama agar memahami Microsoft Exel, Power Point. Bahkan materi-materi kekinian seperti pembuatan presentasi multimedia menggunakan aplikasi Canva dan editing video,” ujar Indiwan.

Tujuan kegiatan ini adalah mewadahi kebutuhan dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang pengabdian kepada masyarakat.

 

“Semua dosen diwajibkan untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai bagian dari kewajiban utama dosen selain mengajar serta meneliti. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bisa mendekatkan kampus  dengan masyarakat sekaligus menghilangkan stigma kampus hanyalah sebuah menara gading yang tidak dekat dengan masyarakat sekitar.

UMN akan selalu terbuka atas permintaan mitra dalam pelaksanaan pelatihan sesuai kebutuhan. Dalam waktu dekat, pihak UMN dan Korem 052/Wijayakrama akan bekerja sama menggelar pelatihan jurnalistik penulisan pres rilis dan pelatihan pembuatan presntasi menggunakan Canva. (RED/RAC)

KAB. TANGERANG
Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Selasa, 19 Maret 2024 | 05:52

Sat Lantas Kabupaten Tangerang telah mengumumkan jadwal layanan SIM keliling untuk Selasa, 19 Maret 2024.

TANGSEL
Selepetan Sarung Berujung Penganiayaan Remaja Perempuan di Ciputat, Kasus Ditangani Polres Tangsel

Selepetan Sarung Berujung Penganiayaan Remaja Perempuan di Ciputat, Kasus Ditangani Polres Tangsel

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:33

Penganiayaan terhadap remaja perempuan berinisial N, 12, hingga babak belur oleh sejumlah remaja laki-laki di Jalan Jombang, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diduga dipicu main selepet sarung.

BANDARA
1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

1 Ton Makanan Viral Asal Thailand Milk Bun Diduga Jastip Dimusnahkan di Bandara Soetta

Jumat, 8 Maret 2024 | 14:11

Bea Cukai Soekarno-Hatta (Soetta) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memusnahkan 2.564 pcs olahan pangan viral Milk Bun asal Thailand, Jumat 08 Maret 2024.

PROPERTI
Gunakan Teknologi 3D Virtual, Paramount Land Raih Penghargaan Brand of The Year 2024

Gunakan Teknologi 3D Virtual, Paramount Land Raih Penghargaan Brand of The Year 2024

Sabtu, 16 Maret 2024 | 10:08

Paramount Land berhasil meraih penghargaan Merketeers OMNI Brand of The Year 2024 dalam kategori ’Digital Customer Experience’.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill