Connect With Us

Keren! Para Dosen Universitas Pamulang Turun Serempak Mengabdi di Sepatan Tangerang, Ini yang dilakukan

Denny Bagus Irawan | Jumat, 29 April 2022 | 15:00

Kegiatan sosialisai penggunaan website yang telah dibuat di sekolah Madrasah Aliyah RHM Cendikia. (Istimewa / TangerangNews.com@2022)

TANGERANGNEWS.com-Para dosen dari Universitas Pamulang Teknik Informatika yang terdiri dari Riky Susanto, Pandu Wiliantoro, dan Juri Pebrianto secara serempak melakukan tugas Tri Dharma perguruan tinggi dengan mengabdikan diri kepada masyarakat dan kepada sekolah yang berlokasi di Jalan Nyi Mas Melati Desa Pondok Kelor, RT 01 RW 03, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis 24 Maret 2022 lalu. 

Ketiga dosen yang merupakan lulusan S2 tersebut turut dibantu para mahasiswanya untuk membantu masyarakat melahirkan para pemuda di Sepatan menjadi lebih baik, dengan memberikan pelatihan cara penggunaan aplikasi website yang sebelumnya sudah dibuat dan dihosting dengan domain SCH.ID. 

Sekolah yang mendapat pengembangan khusus oleh ketiga dosen tersebut yakni Sekolah Madrasah Aliyah RHM Cendikia.  Untuk diketahui, sekolah tersebut masih sangat butuh perluasan informasi. Seperti  tentang sekolah, fasilitas dan informasi lainnya yang dapat menjadi media promosi dan nilai tambah dalam pandangan masyarakat. 

Sehingga dapat menjadi sebuah tolok ukur para orang tua murid untuk memilih sekolah tersebut, sebagai sekolah tempat andanda mereka dititipkan di sana kelak. “Selama ini informasi sekolah masih disampaikan dalam bentuk, dari mulut ke mulut atau  pesan berantai dari orangtua murid ke orang lainnya,” terang Juri Pebrianto.

Pihak sekolah masih menggunakan cara konvensional dengan cara memberikan brosur atau flyer. Tentunya, cara ini dirasa cukup mahal, karena harus mengeluarkan biaya mencetak brosur dan lainnya, serta terbatasnya informasi yang dapat dikemas hanya dalam lembaran iklan brosur. Website bagi sebuah sekolah sedang menjadi trend di dunia pendidikan agar mendapatkan perhatian, tanggapan yang sangat bagus dari berbagai pihak baik dari tenaga kependidikan, siswa, dan juga masyarakat. 

Dengan website sekolah semua pihak bisa merasakan manfaatnya.  Website sekolah adalah sebuah sistem informasi yang resmi dimiliki sekolah dan biasanya untuk website sekolah memiliki ciri khusus dari nama domainnya yaitu SCH.ID. 

“Tidak hanya itu website sekolah juga dapat digunakan untuk membantu sarana pembelajaran online untuk para siswa siswi,” tutur Juri Pebrianto.  Pembuatan website menjadi pilihan karena kemudahan dalam akses informasi ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. 

Untuk itu, sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki sistem informasi sekolah berbasis website.  Manfaatnya adalah memperkenalkan profil sekolah sehingga masyarakat luas mengetahui informasi apapun tentang sekolah seperti: Fasilitas yang tersedia, Kurikulum intra dan ekstra kurikuler termasuk materi pembelajaran online dan pustaka maya, prestasi yang telah diraih oleh sekolah, informasi mengenai perencanaan sekolah dan kebutuhan biaya dan lainnya serta meningkatkan image sekolah dimata masyarakat sebagai sekolah yang mengikuti perkembangan teknologi internet. 

Dalam melaksanakan pengabdian kepada Masyarakat ini, dilakukan penyusunan rencana metode yang akan dilakukan selama proses awal sosialisasi dan rencana selama kegiatan berlangsung. 

“Adapun dalam sosialisasi awal, kami terlebih dahulu berkunjung ke sekolah untuk mensosialisasikan kegiatan yang akan dilangsungkan,” ujar Juri Pebrianto.  Para dosen tersebut juga menyampaikan kepada para guru di sana dengan langsung melakukan demonstrasi terkait jika ada masalah pada koneksinya.  Tidak hanya langsung mempraktekannya, tetapi juga mereka diberikan buku petunjuk (manual book) dan link referensi agar dapat memperlajarinya kapan pun para guru tersebut mau. 

“Pada sosialisasi di awal pertemuan kami berharap komunikasi dua arah yaitu mengenai bagaimana menggunakan website dengan domain SCH.ID agar perangkat dapat mendukung serta bagaimana memecahkan masalah bila terjadi tidak terkoneksinya jaringan internet,” katanya.  Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menggunakan Training of Trainer (TOT) yaitu memberikan materi terlebih dahulu.  

Kemudian dilanjutkan dengan praktik secara langsung oleh para guru.  Dengan menggunakan cara tersebut akan lebih tersampaikan dengan baik dan efektif. Selain itu tugas pun dibagi, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat dilakukan secara merata, efisien dan efektif tetapi tetap masing-masing mendapat tugas sesuai dengan proporsinya agar memudahkan tidak memberatkan. “Dengan kegiatan tersebut kami berharap para peserta pelatihan baik guru maupun staf dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan,” terangnya. 

Pada kunjungan kedua sekaligus para dosen terkait akan melakukan sosialisasi dari apa yang sudah disepakati dan memberikan website yang sudah dibuat kepada sekolah. Pada sesi presentasi dan sosialisasi website yang telah dibuat, peserta sangat bersemangat dengan apa yang dijabarkan.

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen Universitas Pamulang Fakultas Teknik dengan program studi Teknik Informatika juga melibatkan pada Mahasiswa atas kegiatan ini demi dapat membantu dan memfasilitasi kegiatan pengabdian ini,  serta memberikan kegiatan positif bagi Mahasiswa agar kedepannya diharapkan Mahasiswa dapat memberikan kontribusinya dalam Tri Dharma yang juga diwajibkan bagi Mahasiswa.

“Pada akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang terdiri dari siswa,  guru dan kepala sekolah H. Khotibul Umam, serta para mahasiswa yang terlibat pada kegiatan ini,” tutupnya. 

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill