Connect With Us

Generasi Muda, Begini 5 Cara Menyikapi Hari Pendidikan Nasional

Fahrul Dwi Putra | Senin, 1 Mei 2023 | 12:06

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. (@TangerangNews / Kemdikbud)

TANGERANGNEWS.com- Setiap tanggal 2 Mei akan diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional yang dirayakan seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia.

Penetapan Hari Pendidikan Nasional ini didasarkan pada hari lahirnya seorang tokoh yang amat berjasa dalam dunia pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Oleh karena itu, penting untuk memperingati hari bersejarah tersebut khususnya bagi pelajar dan generasi muda Indonesia. Berikut adalah beberapa cara menyikapi Hari Pendidikan Nasional:

1. Menghargai Pendidikan 

Pendidikan merupakan hal penting lantaran menjadi modal dan dasar untuk membangun masa depan seseorang maupun negara. Peningkatan mutu dan komitmen kualitas pendidikan di Indonesia adalah salah satu bentuk cara menghargai pendidikan.

2. Menjaga Semangat Belajar

Terus Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sebagai bentuk menjaga semangat belajar dapat menjadi langkah memperingati Hari Pendidikan sekaligus menginspirasi orang lain bertepatan dengan momentum tersebut.

3. Meningkatkan Kesadaran Pendidikan

Hari Pendidikan Nasional juga menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan di masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan menyebarkan informasi mengenai pentingnya pendidikan dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

4. Menghargai Guru

Guru merupakan salah satu pilar penting dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, Hari Pendidikan Nasional juga dapat dijadikan momen untuk menghargai peran guru dalam membentuk karakter dan masa depan anak bangsa.

5. Bersyukur

Hari Pendidikan Nasional dapat menjadi momen untuk bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk memperoleh pendidikan. Sebagai negara yang masih banyak dihuni oleh orang-orang yang belum memperoleh kesempatan pendidikan yang memadai, kita harus bersyukur atas kesempatan ini dan berkomitmen untuk membantu mereka yang belum berkesempatan memperoleh pendidikan.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, kita dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti mengadakan seminar, lokakarya, atau mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di masyarakat.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill