Connect With Us

Pelajar Wajib Tahu, 5 Tips Beradaptasi di Sekolah Baru

Fahrul Dwi Putra | Senin, 15 Juli 2024 | 08:34

Ilustrasi Pelajar (sumber google / Tangerangnews.com)

TANGERANGNEWS.com-Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk beberapa jenjang telah selesai dilaksanakan. Selanjutnya, para calon peserta didik biasanya akan mengikuti kegiatan MPLS terlebih dahulu.

Memasuki sekolah baru bisa menjadi tantangan, terutama dalam hal beradaptasi dan bersosialisasi dengan teman-teman baru. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu menyesuaikan diri di lingkungan sekolah baru dilansir dari kanal Youtube Shella Yosephine.

1. Percaya Diri

Rasa percaya diri sangat penting saat memulai di sekolah baru. Terkadang, seragam yang kebesaran atau menggunakan baju bekas kakak dapat mengurangi rasa percaya diri. Ingatlah bahwa tujuan utama kamu di sekolah adalah belajar, bukan tampil modis. Tetap percaya diri dengan penampilanmu dan fokus pada pendidikan.

2. Murah Senyum

Senyum adalah cara sederhana namun efektif untuk memulai interaksi. Dengan senyum, kamu bisa tampak lebih ramah dan mudah didekati. Cobalah untuk selalu tersenyum kepada teman-teman dan guru, karena ini bisa membuka pintu untuk percakapan dan pertemanan baru.

3. Tidak Malu Bertanya

Jangan ragu untuk bertanya jika kamu membutuhkan informasi atau bantuan. Pepatah "malu bertanya sesat di jalan" sangat relevan di sini. Bertanya menunjukkan bahwa kamu aktif dan ingin belajar, serta membantu kamu lebih cepat memahami lingkungan baru.

4. SKSD (Sok Kenal Sok Dekat)

Meskipun awalnya mungkin terasa canggung, mencoba mengenal dan mendekati orang baru adalah langkah penting untuk beradaptasi. Beranilah untuk memulai percakapan dengan teman sekelas atau bahkan guru. Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat merasa nyaman di lingkungan baru.

5. Pilih Teman yang Tepat

Pergaulan sangat mempengaruhi kebiasaan dan perilaku. Pilihlah teman yang membawa pengaruh positif, seperti rajin belajar dan disiplin. Hindari pergaulan yang bisa membawa dampak negatif, seperti teman yang malas atau suka membuat masalah. Ingat, pergaulan yang baik akan membantu kamu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Menyesuaikan diri di sekolah baru memang butuh waktu dan usaha. Namun, dengan percaya diri, bersikap ramah, tidak malu bertanya, mencoba mendekati orang baru, dan memilih teman yang tepat, kamu akan lebih mudah beradaptasi. Semoga tips ini bermanfaat.

OPINI
Duka Generasi dalam Naungan Sistem Pendidikan Kapitalistik

Duka Generasi dalam Naungan Sistem Pendidikan Kapitalistik

Sabtu, 7 September 2024 | 21:28

Potret buram wajah pendidikan di negeri ini masih saja menjadi sajian media massa. Sebagaimana baru-baru ini diberitakan (Kompas.tv/25-07-2024) bahwa Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah, di Desa Bojongloa, Tangerang, Banten

TOKOH
Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 5 September 2024 | 12:31

Ekonom senior Indonesia, Faisal Basri, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 5 September 2024.

SPORT
Indonesia U-20 Tumbangkan Argentina U-20, Netizen: Infokan Jadwal Tanding Ulang Lawan Messi

Indonesia U-20 Tumbangkan Argentina U-20, Netizen: Infokan Jadwal Tanding Ulang Lawan Messi

Kamis, 29 Agustus 2024 | 09:59

Timnas Indonesia U-20 mencetak sejarah usai berhasil menaklukkan Timnas Argentina U-20 dalam laga pembuka mini turnamen Seoul Earth On Us Cup 2024 di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 28 Agustus 2024.

KAB. TANGERANG
Lebih dari 7.000 Pelamar Daftar Formasi CPNS Pemkab Tangerang, Damkar Paling Diminati 

Lebih dari 7.000 Pelamar Daftar Formasi CPNS Pemkab Tangerang, Damkar Paling Diminati 

Sabtu, 7 September 2024 | 22:13

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang membuka 500 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, yang terdiri dari 272 posisi tenaga kesehatan dan 228 tenaga teknis.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill