Connect With Us

Kunjungi CCC, Rektor UNJ Rencanakan Buka Cabang Kampus Khusus Pencak Silat di Cianjur

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 25 Juli 2024 | 19:26

Rektor UNJ Prof. Komarudin bersama wakil rektor dan jajarannya mengunjungi Cugenang Community Center (CCC) di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 25 Juli 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Profesor Komarudin, bersama wakil rektor dan jajaran terkait, melakukan kunjungan ke Cugenang Community Center (CCC) di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 25 Juli 2024. 

Tujuan kunjungan ini adalah untuk menjajaki kemungkinan kerja sama dalam mengelola Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berfokus pada Pencak Silat.

Dalam sambutannya, Profesor Komarudin menyatakan ketertarikan UNJ untuk berkolaborasi dengan Yayasan Kinarya Didaktika (YKD), yang mengelola CCC sebagai pusat pendidikan bagi masyarakat setempat. 

Rektor juga memuji upaya YKD dalam mendorong ide pendirian kampus cabang UNJ di lokasi yang sebelumnya digunakan sebagai sekolah gratis untuk anak-anak berbakat dari keluarga kurang mampu di Kabupaten Cianjur. Sebab, daerah ini dikenal dengan tradisi pencak silatnya.

"Muara dari kerja sama ini nantinya adalah mendirikan PSDKU khusus di bidang Pencak Silat. Program PSDKU juga dikenal di kampus-kampus lain sebelumnya. Misalnya ITB Kampus Cirebon, UNESA Kampus Ngawi, UB Kampus Jombang, UPI Kampus Purwakarta, dan lainnya," ujar Komarudin.

Ia menambahkan, pelaksanaan program PSDKU memerlukan kerja sama dengan perguruan tinggi lokal seperti Universitas Surya Kencana di Cianjur. 

Model PSDKU dianggap relevan karena melibatkan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah, masyarakat, yayasan, dan perguruan tinggi, sehingga manfaatnya diharapkan luas dan berkelanjutan.

"Pengembangan ke depan tidak hanya olahraga pencak silat, bisa berkembang ke prodi-prodi yang lain," paparnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina YKD HMBC Rikrik Rizkiyana menyambut baik rencana UNJ untuk menjadikan kompleks sekolah seluas 1,2 hektare ini sebagai kampus cabang UNJ di luar Jakarta yang berfokus pada Pencak Silat. 

"Kami mewakafkan padepokan ini untuk menjadi bagian dari program PSDKU UNJ. Semoga memberikan manfaat untuk semuanya," kata Rikrik.

Rencananya, Kampus cabang UNJ yang berfokus pada Pencak Silat di luar Jakarta ini akan beroperasi mulai tahun depan. 

Saat ini, UNJ dan YKD tengah menyiapkan infrastruktur yang diperlukan agar kampus tersebut bisa segera menerima mahasiswa baru sesuai standar pemerintah.

Selain itu, UNJ dan YKD juga akan mencari talenta terbaik untuk menjadi pengajar dalam program studi Pencak Silat ini.

WISATA
Favehotel Ganti Nama Jadi Sahid Bandara Soetta, Ini Fasilitas Barunya 

Favehotel Ganti Nama Jadi Sahid Bandara Soetta, Ini Fasilitas Barunya 

Jumat, 6 September 2024 | 11:40

Salah satu hotel bintang tiga di Kota Tangerang telah resmi melakukan rebranding, yakni memperbarui nama dan fasilitasnya demi meningkatkan kenyamanan tamu.

BANTEN
Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Sabtu, 7 September 2024 | 22:39

Kafilah Provinsi Banten menampilkan Leuit Baduy pada Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke XXX Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Seru Banget! KPU Kota Tangerang Bahas Pilkada Bareng Anak SMAN 8 Tangerang

Senin, 26 Agustus 2024 | 13:08

Bosan dengan sosialisasi yang kaku? KPU Kota Tangerang bikin acara Pilkada jadi seru banget. Sabtu kemarin, 24 Agustus 2024 mereka ngadain acara KPU Goes to School di SMAN 8 Kota Tangerang.

TANGSEL
Polisi Buru Pelaku Penculikan dan Pencabulan Bocah SD Modus Jemput Sekolah di Tangsel

Polisi Buru Pelaku Penculikan dan Pencabulan Bocah SD Modus Jemput Sekolah di Tangsel

Sabtu, 7 September 2024 | 21:40

Pihak Kepolisian tengah menyelidiki kasus penculikan disertai dugaan pencabulan tehadap bocah SD di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill