Connect With Us

HKI Sidak Produk Bajakan di Bandara

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 25 September 2013 | 17:06

Petugas HKI Sidak Produk Bajakan di Bandara (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


 
TANGERANG-Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) melakukan inspeksi mendadak produk program komputer bajakan di Teminal 2F Bandar Soekarno Hatta. Sidak dilakukan dalam rangka sosialisasi larangan penggunakan produk bajakan bagi penumpang pesawat yang ke dalam dan luar negeri.
 
Para petugas yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (PPHKI) dengan otoritas Bandara memeriksa laptop yang dibawa penumpang di teminal 2F Keberangkatan dan Kedatangan. Mereka pun menghimbau agar penumpang tidak memakai produk bajakan termasuk program komputer.
 
Kepala Seksi Penindakan Direktorat Penyidikan Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Marudut Manurung mengatakan, sidak tersebut dilakukan berdasarkan UU Hak Cipta no 10/2002. Sidak di bandara dilakukan tiga tahap pada tanggal 23 di Terminal 1, tanggal 25 di Terminal 2 dan tanggal 1 Oktober secara serentak di 3 terminal.
 
"Kita sidak khusus untuk software atau pogram komputer bajakan. Kita pilih bandara internasional untuk mewanti-wanti baik penumpang dari luar negei atau dalam negeri untuk tidak pakai software ilegal. Kita ingin masyarakat menggunakan program yang asli, karena saat ini Indonsia disorot dunia sebagai pelanggaran hak cipta terbesar," katanya.
 
Menurutnya selain di bandara, pihaknya juga telah melakukan sidak toko dan mall. Namun pihaknya masih memberikan pembinaan dan sosialisasi. Kedepan kemungkinan akan diberi penindakan bagi penjual dan pembeli produk bajakan. "Sidak ini akan dilakukan terus secara berkala," kata Marudut.
 
Dijelaskan Marudut, selama tahun 2013, pihaknya telah melakukan 34 penindakan kasus pelanggaran hak cipta. Diantaranya pembajakan cakram optik (CD), korek api gas, pompa generator merk Honda, dan Merk Jasa Kimia Farma. "Untuk yang cakram optik kita juga menyita sebanyak 25 ton cakram di daeah Glodok, Jakarta. Nilainya mencapai miliaran rupiah," pungkasnya.
NASIONAL
Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Selasa, 23 April 2024 | 18:43

PT PLN (Persero) sepenuhnya mendukung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 untuk memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

TEKNO
Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Senin, 22 April 2024 | 19:03

Saat ini RT/RW Net tengah ramai dipersoalkan. RT/RW Net diketahui sebagai seseorang atau kelompok masyarakat yang menggunakan jaringan internet ISP, kemudian jaringan tersebut didistribusikan kembali ke warga setempat, namun dengan tarif tertentu.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill