Connect With Us

484 TKI Overstay Dipulangkan dari Arab Saudi Tiba di Tanah Air

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 10 November 2013 | 22:44

Para TKW yang baru tiba di Tanah Air (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Sebanyak 484 Tenaga Kerja Indonesai (TKI) yang masa tinggalnya habis (overstay) dari Jeddah, Arab Saudi, dipulangkan ke tanah air. TKI yang kesemuanya wanita itu tiba di lounge TKI Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 19.30 WIB setelah menumpangi pesawat Garuda Indonesia (GA-983) yang dibiayai oleh pemerintah.

 Para TKI ini tidak pulang sendirian, mereka membawa anak-anak dari hasil pernikahan siri atau kaasus pemerkosaan yang dilakukan oleh sang majikan maupun orang lain di Arab Saudi.

Ada sekitar 39 anak-anak dan 31 bayi berumur 3-9 bulan yang pulang bersama TKI. 
Seperti salah satu TKI asal Madura, Sofia. Dia yang telah bekerja selama 6 tahun di Jeddah pulang dengan membawa bayi berumur 4 bulan dari hasil perkawinan siri dengan majikannya.

“Saya tidak diperlakukan kasar sama majikan. Tapi saya tidak dapat duit, malah dapat anak,” ujarnya sambil berjalan menuju bus antar jemput TKI.

Selain Sofia, Ucu TKI asal Garut mengatakan,  dirinya bersyukur bisa dipulangkan. Dia sudah bekerja selama delapan tahun di Jeddah. Menurutnya, masih banyak TKI overstay disana, mereka kekurangan makan minum. “Masih banyak yang belum pulang, mereka terlantar,” tukas Ucu sambil menuntun anaknya.

 Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat mengatakan,  sebanyak 484 TKI ini merupakan kloter pertama yang dipulangkan dari TKI yang overstay di Jeddah sekitar 7885 orang.

 “Kita prioritaskan wanita, anak-anak , orang tua dan yang sedang sakit. Mereka akan diantar ke rumah masing-masing. Untuk yang dekat akan diantar dengan travel, sedangkan yang jauh seperti di Lombok atau Sumbawa akan diterbangkan lagi dengan pesawat,” katanya.

 Menurutnya,  dalam proses pemulangan sempat terkendala proses pengurusan dokumen di pihak pemerintah Arab Saudi. “Prosesnya memang agak lambat, seperti  proses dokumentasi, itu dari pihak Saudi-nya, yang lainnya sih lancar,” ujarnya.

 Untuk pemulangan TKI lain yang masih di Jeddah akan menyusul jika proses administrasi dan dokumentasi sudah selesai. “Secara bertahap akan dipulangkan, tergantung proses pengurusan exit permit-nya,” kata Jumhur.

 Terkait adanya TKI yang kekurangan makanan, Jumhur membantahnya.  Menurutnya, seluruh TKI mendapat makanan dari pemerintah Arab Saudi. “Itu terlalu dibesar-besarkan. Memang awal-awal susah karena harus menyiapkan makanan untuk ribuan orang, kan yang overstay banyak dari seluruh dunia. Tapi setelah dibantu KBRI, semua lancar,” tukasnya.
 
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill