Connect With Us

Tetap dapat Status Hukum, Ada 6.000 Anak TKI Diluar Nikah

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 10 November 2013 | 22:49

Para TKW yang baru tiba di Tanah Air (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


 
TANGERANG-Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Wardana CH mengatakan, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang melahirkan anak dari hasil pernikahan siri atau karena diperkosa oleh majikannya, tetap mendapat status hukum yang jelas sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).
 
“Anak-anak ini  sebenarnya hasil perkawinan yang tidak didukung legalitas. Kita ingin memberi kejelasakan status hukum mereka dengan  memberikan surat keterangan kelahiran,” katanya saat menjemput ratusan TKI overstay dari Jeddah di Longe TKI Terminal 2 Bandara Soekarno- Hatta, Minggu (10/11).
 
Menurutnya Wardana, kebijakan tersebut sudah merupakan hasil pembicaraan antar kementerian termasuk termasuk fatwa hukum dari Mahkamah Agung (MA) dan Kemenerian Agama. “Anak itu kita masukkan aspek legalitasnya, jadi saat pulang, mereka sudah bestatus WNI,” katanya.
 
Dia menambahkan, tidak semua para TKI yang telah punya anak hasil hubungan dengan majikannya itu ditelantarkan. Ada juga yang bertanggung jawab dengan menyusul mereka ke Indonesia. “Ada suaminya yang mau menyusul juga. Jadi kita prioritaskan TKI yang rentan-rentan,” katanya
 
Dikatakannya, ada sekitar 6.000 anak yang sedang diproses untuk mendapatkan status hukum.

“Anak-anak ini diantaranya masih bersama ibunya di luar negeri dan ada juga yang sudah dipulangkan. Ini hasil pendataan kita saat memberi kesempatan para TKI untuk mendaftarkan dokumen status anaknya,” katanya.
 
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TANGSEL
Warga Muncul Tangsel Demo Tolak Penutupan Akses Jalan Raya Puspitek, Bakal Gugat BRIN

Warga Muncul Tangsel Demo Tolak Penutupan Akses Jalan Raya Puspitek, Bakal Gugat BRIN

Kamis, 18 April 2024 | 14:22

Ratusan warga di Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, menggelar aksi demo soal penutupan Jalan Raya Puspiptek arah Gunung Sindur oleh Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Kamis 18 Apri 2024.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill