Connect With Us

PT Angkasa Pura II Anggap Kebakaran Musibah

Denny Bagus Irawan | Selasa, 7 Juli 2015 | 18:23

Bandara Soekarno-Hatta Terbakar. (Istimewa / Tangerangnews)


TANGERANG-Direktur Operasional dan Teknik PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo mengatakan, terbakarnya JW lounge di Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah sebuah musibah.

 " Itu adalah musibah, diluar kuasa kami. Karena secara rutin kami melakukan audit disemua tenan juga, tetapi apa yang terjadi sudah diluar kuasa kami," ujar Djoko yang menggelar konfrensi pers di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (7/7) sore.

Djoko juga mengklaim seluruh pelayananan telah normal kembali, hanya saja perlunya memberikan rasa kepercayaan diri kembali kepada pengguna pelayanan di bandara itu.
 
"Sudah on kembali seluruhnya, dan malam ini kami akan melakukan tes conveyor, hal ini hanya untuk memastikan keadaan pelayanan telah pulih, agar confidence," katanya. 
Menurut dia, hari ini (Selasa) bisa dapat dikatakan seluruhnya kembali lancar dan normal. Kalau pun ada delay, menurut dia, hanya sekitar 10-15 menit. "Itu karena memang kondisi bandara kita (seperti itu). Kalau diatas 15 menit tidak ada," katanya.

Djoko menyatakan, manajemen krisis selama kejadian  dan pasca kejadian  terus dilakukan sesuai dengan  standar airport emergency manajemen planning atau (AEP) yang disahkan  oleh otoritas penerbangan sipil.

"Musibah kebakaran yg terjadi memacu PT angkasa Pura untuk melakukan perbaikan dalam upaya penyempuraan manajemen krisis," katanya.

Dia juga mengatakan,  PT Angkasa Pura kemungkinan akan melakukan inspeksi mendadak untuk mengetahui kemungkinan tidak terpenuhi kesepakatan atas kerjasama.

"Kami melakukan audit atas hal-hal yg belum ditemui dari sebelumnya," tuturnya.

PT Angkasa Pura II juga sedang mempersiapkan prosedur dalam pemilihan tenant. Seperti misalnya tak diperkenankan menggoreng menggunakan kompor listrik tetapi pakai minyak goreng.

 "Di sini hanya untuk memanaskan, seperti menggunakan microwave, bukan membuat atau memasaknya. Sehingga dapat dikurangi semaksimal mungkin kejadian yang menyerempet pada ketentuan keamanan dan keselamatan penerbangan," tuturnya.

Jika nanti ditemukan, apa yang akan diberikan sanksi kepada tenant ini?
"Sampai hari ini belum mendapat hasil dari Labfor Mabes Polri. Saya tidak berani berandai-andai atau mengira-kira siapa dan apa kesalahannya," terangnya.

Soal kerugian, PT Angkasa Pura II belum menghitung kerugian. "Target prioritas kami bagaimana memulihkan pelayanan dan membuat pengguna confidence," ujarnya.


Sedangkan terkait kebaran tersebut dapat mengganggu kegiatan mudik, hal itu menurut dia berbeda. "Mudik berbeda dengan ini, dan sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari kalau untuk arus mudik," katanya.

TANGSEL
Polisi Bubarkan Pelajar SMA Hendak Bagi-bagi Takjil di Pondok Aren Tangsel, Ini Sebabnya

Polisi Bubarkan Pelajar SMA Hendak Bagi-bagi Takjil di Pondok Aren Tangsel, Ini Sebabnya

Minggu, 24 Maret 2024 | 15:54

Anggota Polsek Pondok Aren menghentikan konvoi pelajar SMA yang melintas di perempatan Electronic City, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu 23 Maret 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KOTA TANGERANG
Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:47

Polsek Karawaci, Polres Metro Tangerang Kota, menggelar acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim-piatu, dalam upaya mempererat hubungan antara Kepolisian dengan masyarakat setempat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill