Connect With Us

Terminal 3 Dilengkapi CCTV Canggih Untuk Deteksi Barang & Buronan Polisi

Denny Bagus Irawan | Jumat, 5 Mei 2017 | 21:00

| Dibaca : 2302

Peresmian Terminal 3 khsusu Internasional, Senin (1/5/2017). (@tangerangnews 2017 / Raden Bagoes Irawan)


TANGERANGNEWS.com – PT Angkasa Pura II melengkapi Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan teknologi canggih, yakni berupa kamera pengawas (CCTV) yang dapat mendeteksi benda bawaan penumpang dan wajah orang-orang yang menjadi buronan polisi.


Menurut Direktur Operasi dan Teknik PT AP II, Djoko Murjatmodjo, teknologi keamanan di T3 dilengkapi CCTV yang mampu mendeteksi barang-barang penumpang yang ditinggal dalam waktu maksimal 3 menit.
Barang yang ditinggal tanpa adanya pergerakan selama 3 menit akan terpantau oleh CCTV dan membuat sensor menyala secara otomatis untuk kemudian diteruskan pada pihak pengamanan Terminal 3 agar dapat diambil serta dicek.

“Ini sudah aturan internasionalnya demikian, karena kasus bom itu banyak terjadi barang ditinggal. Sehingga barang itu diam tiga menit, pengamanan bandara akan mengamankan barang itu,” jelas Djoko.

CCTV berteknologi canggih tersebut berjumlah 200 unit dan terpasang di sejumlah titik strategis yang ada di Terminal 3. Tak hanya mampu mendeteksi barang yang tak bergerak, CCTV di T3 Soetta juga bisa mendeteksi wajah para pelaku kejahatan yang jadi buronan dalam negeri dan luar negeri.

“CCTV ini bisa mengenal seseorang, sehingga ketika kami sudah mengunduh foto seseorang ke dalam komputer, maka CCTV tersebut akan bekerja ketika melihat orang seperti di foto komputer,” bebernya.

Djoko menegaskan, bahwa prosedur pemeriksaan di Terminal 3 Bandara Soetta memang  diperketat. Terutama bagi penumpang yang akan ke luar negeri sebelum masuk area imigrasi akan beberapa kali diperiksa x-ray dan menjalani pengecekan body oleh petugas bandara.

“Terminal 3 ini terdapat 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner untuk wujudkan keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun di pesawat,” tandas Djoko.

OPINI
Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sayangi Bumi mu dengan Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:16

TANGERANGNEWS.com-Hingga kini sampah plastik masih menjadi permasalahan di negeri kita Indonesia. Data Asosiasi Industri Plastik Indonesai (INAPLAS) dan Badan pusat statistik (BPS)

TOKOH
Kisah Watimin, Berkeliling Indonesia dengan Berjalan Kaki Hanya untuk Ini 

Kisah Watimin, Berkeliling Indonesia dengan Berjalan Kaki Hanya untuk Ini 

Sabtu, 19 Juni 2021 | 17:02

TANGERANGNEWS.com-Berkeliling Indonesia, mungkin menjadi dambaan bagi setiap orang yang ingin melihat betapa indahnya bumi pertiwi

MANCANEGARA
Penjaga Kebun Binatang Tewas Mengenaskan Diterkam Harimau

Penjaga Kebun Binatang Tewas Mengenaskan Diterkam Harimau

Selasa, 22 Juni 2021 | 11:34

TANGERANGNEWS.com-Peristiwa mengenaskan menimpa seorang penjaga kebun binatang di Seaview Predator Park, Gqeberha, Afrika Selatan. Dia tewas setelah diterkam seekor harimau Siberia

HIBURAN
Podcast Deddy Corbuzier Bikin Denise Chariesta Murka

Podcast Deddy Corbuzier Bikin Denise Chariesta Murka

Senin, 7 Juni 2021 | 16:27

TANGERANGNEWS.com-Selebgram Denise Chariesta kini berseteru dengan Deddy Corbuzier. Gara-gara judul podcast, di marah dan menantang youtuber senior tersebut

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab