Connect With Us

Besok, Giliran Vietnam Airlines yang pindah ke Terminal 3 Internasional

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 11 Juli 2017 | 08:00

M Suriawan Wakan, Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta. (@TangerangNews2017 / Ray)

TANGERANGNEWS.com-Setelah Saudi Arabian Airlines pindah ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pada Senin (10/7/2017). Menyusul kemudian  sejumlah maskapai internasional yang tergabung dalam aliansi penerbangan Skyteam lain, yakni Vietnam Airlines yang akan pindah dari Terminal 2 ke  Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta mulai Rabu 12 Juli 2017.

Adapun rute yang akan dilayani sama seperti di Terminal 2, yakni Jakarta-Hanoi dan Jakarta-Ho Chi Minh. Seluruh penerbangan ini akan menggunakan  pesawat wide body Airbus 320 NG. Salah satu tujuan dari perpindahan maskapai internasional Skyteam dari Terminal 2 ke Terminal 3 adalah mengurai  kepadatan penumpang.

“Kami sudah melakukan optimalisasi sarana dan prasarana di Terminal 3. Baik dari sisi pelayanan dan fasilitas, seperti  sisi airside  dan landside   sudah kami persiapkan. Seluruh persiapan tersebut sudah direncanakan dengan matang,” ujar Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan, Senin (10/7/2017).

Seperti diketahui, penerbangan internasional Garuda melalui Terminal 3 hingga kini berjalan lancar dan dinilai sukses. “Ini sudah sesuai dengan  roadmap  kami. Perpindahan operasional Skyteam ke Terminal 3 berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Sebab, Terminal 3 Internasional dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti, baggage handling system  (BHS), layar flight information  display system (FIDS) dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung  bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan  dan kedatangan. Selain itu juga terdapat total 32 autogate  imigrasi, di mana masing-masing 15 autogate  imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate  imigrasi kedatangan.

“Kita juga sudah menerapkan common use check-in counter system  yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” terang Wakan.  Pada security check point sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan dari dua unit body scanner, akan ditambah total menjadi enam  unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat.

Sejumlah tempat makanan dan minuman juga sudah ramai membuka gerainya untuk melayani kebutuhan para penumpang pesawat rute internasional ini dan pengunjung terminal. Untuk mendukung pengoperasian tersebut, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melengkapi berbagai fasilitas pendukung  yang sudah dialokasikan di Terminal 3, seperti check-in counter, free wifi, free internet booth, free charging booth, contact stand, ground  support system  (GSS), dalam waktu dekat juga akan tersedia self check-in di Internasional.

" Prinsipnya pelayanan di Terminal 3 dipastikan akan lebih baik, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa bandara," tutup Wakan.  Menyusul Setelah Vietnam Arilines, dalam waktu dekat akan ada beberapa airlines yang juga akan memindahkan operasinya di Terminal 3, diantaranya Korean Air dan Xiamen Air.(DBI)

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill