Connect With Us

Luncurkan e-Manifest, Imigrasi Bandara Soekarno Hatta Lebih Mudah Deteksi Penumpang

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 24 November 2017 | 18:00

| Dibaca : 1412

Kepala Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Enang Supriyadi Syamsi saat memberikan keterang kepada awak media, Jumat (24/11/2017). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com -Dalam rangka mempermudah melakukan penindakan serta pengawasan lalu lintas data penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Imigrasi Bandara Soekarno Hatta meluncurkan program aplikasi e-Manifest.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Enang Supriyadi Syamsi pada saat mensosialisasikan program e-Manifest di Hotel Bandara Soekarno Hatta, Jumat (24/11/2017). Menurutnya program ini sangat diperlukan, terutama dalam segi pelayanan keamanan penegakan hukum.

"e-Manifest bermanfaat untuk fungsi kerja kami. Dengan adanya aplikasi ini, kami tidak perlu ribet - ribet bawa hard copy data penumpang maskapai untuk pengawasan. Sekarang datanya melalui elektronik saja dan mudah diakses," kata dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan, bahwa data penumpang yang keluar masuk ke Indonesia (Bandara Soekarno-Hatta) ini cukup dengan elektronik dan dikirimkan kepada Kantor Imigrasi melalui bidang Wasdakim.

"Penerbangannya semisalkan 200 orang terdiri dari asal mana saja dan kami nanti melalui elektronik itu akan mudah deteksi data-data penumpang yang boleh dan tidak diizinkan terbang," ujarnya.

Kabid Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Bandara Soekarno Hatta Barron Ichsan menambahkan, cara kerja dari e-Manifest ini. Pihaknya bersinergi dengan sejumlah maskapai yang mengirim data penumpang, setelah itu diolah oleh petugas Imigrasi.

"Kebijakannya, hanya orang asing yang bermanfaat yang bisa masuk, tidak berbahaya, taat aturan, dan orang asing yang sesuai dengan tujuannya," ungkap dia.

Barron menyebutkan, kalau tidak sesuai dengan persyaratan dan kriteria, orang asing tersebut tidak akan kami izinkan masuk ke Indonesia. "Setiap orang asing yang tidak memenuhi persyaratan bakal dibawa pulang lagi," paparnya.(RAZ/HRU)

TANGSEL
Terpapar COVID-19, Tenaga Honorer di Tangerang Selatan Tewas

Terpapar COVID-19, Tenaga Honorer di Tangerang Selatan Tewas

Selasa, 22 Juni 2021 | 19:05

TANGERANGNEWS.com-Seorang pegawai honorer di lingkup Pemerintah Kota Tangerang Selatan dinyatakan meninggal dunia usai terpapar COVID-19

MANCANEGARA
Penjaga Kebun Binatang Tewas Mengenaskan Diterkam Harimau

Penjaga Kebun Binatang Tewas Mengenaskan Diterkam Harimau

Selasa, 22 Juni 2021 | 11:34

TANGERANGNEWS.com-Peristiwa mengenaskan menimpa seorang penjaga kebun binatang di Seaview Predator Park, Gqeberha, Afrika Selatan. Dia tewas setelah diterkam seekor harimau Siberia

HIBURAN
Podcast Deddy Corbuzier Bikin Denise Chariesta Murka

Podcast Deddy Corbuzier Bikin Denise Chariesta Murka

Senin, 7 Juni 2021 | 16:27

TANGERANGNEWS.com-Selebgram Denise Chariesta kini berseteru dengan Deddy Corbuzier. Gara-gara judul podcast, di marah dan menantang youtuber senior tersebut

SPORT
Theo Tumbang dari Windri, Rudy Ahong : Gue Langsung Makan-makan

Theo Tumbang dari Windri, Rudy Ahong : Gue Langsung Makan-makan

Selasa, 22 Juni 2021 | 09:11

Fighter MMA Rudy Ahong Gunawan akhirnya tidak bisa tak berkomentar terkait kekalahan Theodorus Ginting saat melawan Windri Patilima. Ahong yang sabuknya direbut oleh Theo, mengaku senang sabuknya tidak lagi berada pada Theo.

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab