Connect With Us

Sambut Libur Nataru, Runway 3 Bandara Soetta Resmi Beroperasi

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 20 Desember 2019 | 17:28

| Dibaca : 212

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (dikanan ke dua) bersama jajarannya dalam jumpa pers di Gedung ATC, Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (20/12/2019). (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Landasan pacu atau runway 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang resmi beroperasi menyambut angkutan periode libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam jumpa pers di Gedung ATC, Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (20/12/2019).

"Setelah 16 Desember 2019 mengoperasikan east cross taxiway , dan sekarang semua sepakat mengoperasikan runway 3," ujarnya. 

Awaluddin menjelaskan pembangunan infrastruktur runway 3 yang dimulai sejak 2017 ini secara keseluruhan sudah rampung alias 100 persen. 

"Sebenarnya Agustus 2019 lalu sudah selesai, tapi kami lebih melakukan familiarisasi dengan infrastruktur runway dengan dimensi 3 ribu meter kali 60 meter," jelasnya. 

Namun, terdapat empat dokumen mandatory yang harus disusun ulang untuk mendukung pengoperasian runway tersebut. 

Pertama, kata Awaluddin, aero drown manual. Kedua, airport planning. Ketiga, safety management system. Dan airport security. 

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sangat ketat mengawal 3S+1C ( Safety, Security, Services dan Compliance )," ungkapnya. 

Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto menuturkan, per hari ini tepatnya hingga pukul 14.00 WIB sudah ada 64 pergerakan pesawat di runway 3. 

"Pergerakan ini berjalan dengan safe ," ucapnya. 

Dengan dioperasikannya runway 3, kata Novie, Bandara Soekarno-Hatta mampu menangani 90 pergerakan pesawat per jamnya.

"Jadi, maksimalnya 114 pergerakan," pungkasnya. 

Sehingga dioperasikannya runway 3  dapat membantu melayani pergerakan penerbangan untuk menyambut angkutan libur Nataru 2019. Sebab, jumlah penumpang pesawat dalam momen Nataru diperkirakan mencapai 3,48 juta penumpang atau naik 2 persen dibandingkan dengan periode tahun lalu. Sedangkan untuk pergerakan pesawat udara di Bandara Soekarno-Hatta, AirNav Indonesia memprediksi akan tumbuh 2,3 persen.(RMI/HRU)

PROPERTI
Perumahan Sentosa Park Tangerang Usung Desain Rumah Sehat di Singapura 

Perumahan Sentosa Park Tangerang Usung Desain Rumah Sehat di Singapura 

Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:32

TANGERANGNEWS.com-PT Yiho Jakarta Real Estate melaksanakan peletakan batu pertama (ground breaking) perumahan Sentosa Park di Jalan Suvarna Sutera Boulevard, Tangerang. Sentosa Park

BANTEN
Bus Rombongan Peziarah Asal Tangerang Tabrakan di Tol, Satu Tewas Belasan Luka-luka

Bus Rombongan Peziarah Asal Tangerang Tabrakan di Tol, Satu Tewas Belasan Luka-luka

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 15:27

TANGERANGNEWS.com-Kecelakaan lalu lintas beruntun melibatkan bus rombongan peziarah asal Tangerang terjadi di KM 69 Tol Tangerang-Merak, Banten pada Sabtu 16 Oktober 2021 pagi

WISATA
Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Keren, Cikolelet Serang Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 16:59

TANGERANGNEWS.com-Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten, terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)

MANCANEGARA
Media Asing Beritakan Suara Azan Ganggu Warga di Jakarta

Media Asing Beritakan Suara Azan Ganggu Warga di Jakarta

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:32

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah media asing membuat berita soal warga di Jakarta yang terganggu dengan suara azan karena dianggap terlalu bising

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin