Connect With Us

Pergantian Tahun Baru, Basarnas Sebar Personel di Bandara Soetta

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 30 Desember 2019 | 16:28

| Dibaca : 202

Tampak Personel Basarnas (pakaian oranye) saat patroli di area Bandara Soekarno-Hatta. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com–Badan SAR Nasional (Basarnas) menyebar personel-personelnya di area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dalam momen perayaan pergantian tahun baru 2020.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Hendra Sudirman mengatakan potensi kepadatan jumlah penumpang yang bepergian untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata dalam momen libur tahun baru akan terjadi di bandara bertaraf internasional tersebut.

Tampak Personil Basarnas (pakaian oranye) saat patroli di area Bandara Soekarno-Hatta.

Sehingga, kata dia, personelnya disebar untuk mengantisipasi maupun kesiapsiagaan terhadap hal-hal yang dapat membahayakan jiwa manusia.

"Mulai dari H-7 Natal hingga jelang malam pergantian tahun nanti, kita sudah siagakan personil di beberapa titik rawan yang berpotensi membahayakan jiwa manusia dengan melakukan koordinasi kepada semua unsur sebagai bentuk sinergitas kami dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/12/2019).

Hendra menyebut terdapat 60 personel rescue yang disebar. Selain diterjunkan di bandara, kata dia, beberapa titik yang menjadi konsenterasi penempatan personel rescue berada di Pelabuhan Kali, Persimpangan Gadog (Puncak), hingga Pulau Pramuka. 

“Bandara Soekarno-Hatta merupakan titik konsenterasi massa yang akan berpergian ke luar daerah DKI Jakarta dan sekitarnya. Nah, untuk Pulau Pramuka berdasarkan pemantauan sebanyak 2.981 orang yang sudah ke pulau ini,” katanya.

Hendra menambahkan dalam pesannya agar seluruh pengunjung wisata selalu meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan perjalanan, selalu mengikuti rambu dan marka jalan serta memperhatikan alat-alat keselamatan diri apabila sedang menikmati objek wisata alam baik di pantai maupun di perjalanan sekalipun.

“Karena keselamatan adalah tanggung jawab dari pribadi masing-masing kemudian apabila membutuhkan layanan SAR 24 jam bisa menghubungi call centre 115 Basarnas,” pungkasnya.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang sebelumnya mengatakan, pihaknya menyiapkan fasilitas digital penuh di Posko Natal dan tahun baru Bandara Soekarno-Hatta untuk dapat meningkatkan koordinasi di antara stakeholder. 

Di posko tersebut tersedia berbagai peralatan modern untuk memantau CCTV, melakukan video conference, memantau pergerakan penumpang dan pesawat secara real time, serta memastikan agar standar pelayanan tetap terjaga. 

Selain di area Terminal 1, Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga mengoperasikan Posko Sub Terminal 2, Posko Sub Terminal 3, Poskodal Pengamanan, serta Posko Pantau dan Perimeter. 

Adapun guna memastikan keamanan selama libur panjang ini, Febri Toga menuturkan, Bandara Soekarno-Hatta juga menyiagakan total 3.660 personil keamanan yang terdiri dari Aviation Security serta TNI/Polri.

Personel tersebut bertugas melakukan pengamanan di dalam terminal penumpang pesawat dan area publik di seluruh terminal serta kawasan kargo, perimeter utara dan selatan dan lainnya. 

Personel pengamanan didukung lebih dari 2.000 unit CCTV, serta peralatan standar lainnya seperti mesin X-ray, hand held metal detector, walk through metal detector, road blocker, kendaraan patroli dan sebagainya.(RMI/HRU)

HIBURAN
Diduga Lecehkan Bacaan Salat, Pemuda Al-Khairiyah Banten Desak Aparat Periksa Nikita Mirzani

Diduga Lecehkan Bacaan Salat, Pemuda Al-Khairiyah Banten Desak Aparat Periksa Nikita Mirzani

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:41

TANGERANGNEWS.com-Artis Nikita Mirzani kembali melakukan tindakan yang kontroversial. Kali ini, dia diduga melecehkan bacaan salat hingga viral di sosial media

TANGSEL
Pemuda Asal Tangsel Ditangkap Onani di Jok Motor Wanita, Sudah Beraksi 20 Kali

Pemuda Asal Tangsel Ditangkap Onani di Jok Motor Wanita, Sudah Beraksi 20 Kali

Selasa, 26 Oktober 2021 | 22:56

TANGERANGNEWS.com-Seorang pemuda asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berinisial MAZ, 21, ditangkap aparat Polres Metro Jakarta Selatan karena melakuan pelecehan sekual dengan cara onani di atas sepeda motor milik wanita

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin