Connect With Us

Ngeri, Layang-layang Tersangkut di Pesawat Bandara Soetta

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 28 Juli 2020 | 12:19

Tampak benang layang-layang tersangkut pada mesin pesawat salah satu maskapai di bandara soekarno hatta. (TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Peristiwa membahayakan akibat layang-layang terjadi di area Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Kota Tangerang.

Sebuah benang dan layang-layang tersangkut pada mesin pesawat salah satu maskapai di bandara tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Bidang Humas dan Publikasi IACA (Indonesia Aeronautical Communication Association) atau Asosiasi Profesi Komunikasi Penerbangan Indonesia Ari Satria S, Selasa (28/7/2020).

Menurutnya, warga yang bermain layang-layang sangat marak di kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Hal itu sudah dikeluhkan para pilot.

“Sudah ada kejadian benang dan layang-layang tersangkut di mesin pada pesawat beregistrasi PK-GFG di Soekarno Hatta. Beberapa laporan dari pilot ke pemandu lalu lintas udara sudah sering kami diterima,” ujarnya kepada TangerangNews.

Warga di sekitar Bandara Soetta harus mendapat edukasi tentang aktivitas yang membahayakan keselamatan penerbangan. Termasuk bermain layang-layang.

“Jadi, ini harus ada edukasi lebih lanjut terkait bahaya kegiatan keselamatan penerbangan,” katanya.

Kegiatan-kegiatan yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan sesungguhnya telah diatur dalam  UU No. 1/2009 tentang Penerbangan Pasal 421 Ayat 2.

Sanksinya berupa pidana penjara paling lama 3 tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar.

“Yang membahayakan itu termasuk layang-layang karena dapat merusak baling-baling pesawat, mengganggu kinerja mesin pesawat, mengganggu konsentrasi pilot saat akan take-off dan landing,” jelasnya.

Selain layang-layang, ada juga laser pointer, drone, dan balon udara yang termasuk dalam kegiatan mengganggu keselamatan penerbangan.

Dia berharap otoritas terkait melakukan edukasi secara masif bahkan menindak warga yang masih membandel sesuai aturan yang berlaku. “Demi keselamatan penerbangan,” pungkasnya.(RAZ/HRU)

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

KOTA TANGERANG
1 Juta Warga Kota Tangerang Diperkirakan Mudik Lebaran 2024

1 Juta Warga Kota Tangerang Diperkirakan Mudik Lebaran 2024

Jumat, 29 Maret 2024 | 18:04

Jumlah masyarakat Kota Tangerang yang diperkirakan akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga diprediksi sampai menyentuh angka 1 juta penduduk.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill