Connect With Us

Empat Kali Sudah Listrik Bandara Soetta Padam

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 1 Oktober 2010 | 17:26

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, terminal 3 (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS-Listrik Bandara Internasional Soekarno-Hatta kembali padam,hari ini . Meski padam, pengelola bandara, PT Angkasa Pura II memastikan operasional bandara, terutama penerbangan tidak ada yang terganggu.
 
Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Hari Cahyono mengatakan,padamnya listrik dikarenakan adanya gangguan sistem pada saluran udara tegang-an tinggi (SUTET) 150 V di daerah Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat sehingga mengganggu suplai listik untuk Bandara. Hari menyatakan, listrik padam selama hampir satu jam mulai pukul 10.35 WIB hingga pukul 11.22 WIB.
 
Menurutnya, pihak PLN sudah menginformasikan bahwa padamnya listrik akibat gangguan pada SUTET. Namun penyebab gangguan tersebut masih diselidiki. "PLN masih melakukan penelusuran penyebabnya," katanya. Sehingga, kata dia penyebab aliran listrik bukan berasal dari sistem kelistrikan bandara.
 
Meski demikian, lanjut Hari, sistem kelistrikan Bandara yang padam akibat gangguan pada SUTET telah diantisipasi oleh gentset sehingga tidak berdampak pada kegiatan operasional Bandara.
 
Untuk itu, Hari memastikan, putusnya aliran listrik selama hampir satu jam tersebut sama sekali tidak menyebabkan operasional bandara terganggu. Karena, sistem genset yang berfungsi langsung mengambil alih seluruh sistem kelistrikan di bandara.
 
Sementara itu, Manajer Humas PT Angkasa Pura II Andang Santosa menambahkan, pihaknya telah melakukan penanganan terkait pemadaman tersebut.
 
Dua unit genset utama yang dimiliki bandara langsung berfungsi otomatis ketika aliran listrik terputus. dua buah genset tersebut yaitu genset teknik dan genset prioritas. Menurutnya, genset teknik memiliki daya 2.550 KVA. Sedangkan genset prioritas sebesar 4.880 KVA.'Aliran istrik untuk navigasi, tower, dan lampu lalu litas bandara menggunakan genset teknik,' jelasnya.
 


 
Dia menjelaskan, PT Angkasa Pura II telah melakukan MoU dengan PLN untuk menangani masalah listrik padam di Bandara. Penanganan yang dilakukan saat ini diantaranya melakukan uji coba terhadap kehandalan sistem back up listrik berlapis.
 
"Kita telah memasang getset ganda disetiap titik di bandara. Ini juga untuk meningkatkan kehandalan sistem listrik. Uji coba dilakukan setiap dini hari pada pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB," katanya.

Terputusnya aliran listrik Bandara Soekarno-Hatta sudah empat kali terjadi pada tahun ini. Aliran listrik terputus pertama kali pada Rabu (21/7) pagi. Pada waktu itu, listrik padam selama 50 menit akibat rusaknya gardu listrik PLN di Muara Karang, Jakarta Utara. 

Kejadian yang sama terjadi pada Selasa (3/8) pagi, listrik di Bandara Soekarno-Hatta padam selama 35 menit juga diakibatkan terjadinya gangguan di gardu Listrik PLN Muara Karang, Jakarta Utara.

Tiga hari kemudian, padamnya listrik bandara kembali terulang, Jumat (6/8) pagi. Aliran listrik terputus selama dua jam. Padamnya listrik tersebut berdasarkan data dari MPS (Main Power Station) bandara terjadi karena adanya kedipan listrik (ficker) selama 1,7 detik. Sedangkan kali ini adalah yang keempat. (rangga/dira)
 
 
 
BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill