Connect With Us

AP II Punya AICC Pantau Operasional Bandara Soetta Secara Online, Ini Kelebihannya

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 23 Juni 2021 | 13:39

PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (Persero) telah mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Pengoperasian AICC yang pertama di Indonesia ini, dilengkapi dengan berbagai teknologi termasuk perangkat lunak (software) terkini dan perlengkapan modern guna terkoneksi secara online dengan fasilitas dan infrastruktur di Bandara Soetta.

Dengan teknologi terdebut, AP II dapat melakukan pemantauan aktivitas fasilitas dan infrastruktur secara online.

Fasilitas dan infrastruktur yang dipantau mencakup sistem kelistrikan, transportasi dalam gedung, X-ray & walk through metal detector (WTMD), sistem alarm kebakaran, dan sirkulasi udara yang ada di seluruh terminal penumpang (Terminal 1, 2 dan 3). 

	PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Lalu, fasilitas di luar terminal seperti pembangkit Main Power System 1, 2 dan 3, sistem CCTV, bandwidth data dan jaringan, hingga pengelolaan air bersih.

Pengoperasian AICC yang diluncurkan pada Senin, 21 Juni 2021 ini juga untuk mencapai 3 tujuan utama dalam menjaga kualitas pelayanan.

“Melalui pemantauan fasilitas dan infrastruktur lewat AICC, Bandara Soekarno-Hatta dapat mempertahankan keandalan dalam pelayanan (service reliability), merespons cepat masukan pelanggan (service recovery), dan sebagai sistem peringatan dini (service availability). Lebih dari itu Bandara Soekarno-Hatta dapat memastikan layanan berstandar global," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin.

PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Menurutnya, digitalisasi dalam pengelolaan bandara sudah tak bisa dihindari. Bandara tidak bisa lagi dikelola dengan cara-cara tradisional.

Terlebih, Bandara Soetta adalah salah satu bandara tersibuk di dunia yang dilengkapi 3 terminal penumpang pesawat serta berbagai fasilitas dan infrastruktur di dalam kawasan seluas 2.200 hektare.

"Pengembangan infrastruktur masih akan terus dilakukan,” ujar Awaluddin. 

Melalui AICC, AP II juga dapat melakukan analisis kebutuhan fasilitas dan infrastruktur di masa depan dengan lebih cepat guna mendukung peran lebih bandara sebagai pusat aktivitas perekonomian.

PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta

Dikatakan Awaluddin, saat ini bandara bukan sekedar tempat naik dan turun dari pesawat saja. Bandara Soetta kini berperan sebagai penghubung semua kegiatan ekonomi atau economic connector. Kalau sekarang ada istilah Internet of Things [IoT], maka ke depan akan ada Airport of Things [AoT].

"Melalui pengoperasioan sejumlah fasilitas yang dilengkapi dengan teknologi terkini, termasuk AICC, AP II membawa membawa pengelolaan bandara di Indonesia ke level yang lebih tinggi lagi demi keamanan, keselamatan dan pelayanan," paparnya. 

PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Adapun fasilitas baru ini sesuai visi AP II untuk menjadi "Airport Enterprises Leader In The Region" melalui pengembangan advanced infrastructure, digital technology, sensors & connectivity, data integration, dan data analytics & security. 

Seluruhnya bertujuan untuk pelayanan kepada seluruh pelanggan dan mewujudkan digital savvy organization.

Lebih lanjut,  Awaluddin menyebut AICC memiliki enam tugas dalam memantau fasilitas dan infrastruktur, yaitu: 

  • Mengumpulkan data dari sistem dan perlengkapan yang ada
  • Melakukan analisisi data dan visual 
  • Memantau 24/7 seluruh fasilitas dan infrastruktur
  • Memaksimalkan kolaborasi dan koordinasi
  • Manajemen perawatan sistem dan perlengkapan 
  • Manajemen penggunaan aset sistem dan perlengkapan

Kehadiran AICC ini melengkapi Airport Operation Control Center (AOCC) yang sudah dioperasikan sejak 2017.

AICC bertugas untuk memantau kinerja fasilitas dan infrastruktur, sementara AOCC merupakan wadah koordinasi seluruh stakeholder Bandara Soetta untuk memastikan operasional bandara dan operasional penerbangan berjalan lancar dengan tetap menjaga kualitas pelayanan. Ruangan AICC sendiri berada di gedung Airport Operation Control Center (AOCC). (RAZ/RAC)

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill