Connect With Us

AP II Punya AICC Pantau Operasional Bandara Soetta Secara Online, Ini Kelebihannya

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 23 Juni 2021 | 13:39

| Dibaca : 106

PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (Persero) telah mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Pengoperasian AICC yang pertama di Indonesia ini, dilengkapi dengan berbagai teknologi termasuk perangkat lunak (software) terkini dan perlengkapan modern guna terkoneksi secara online dengan fasilitas dan infrastruktur di Bandara Soetta.

Dengan teknologi terdebut, AP II dapat melakukan pemantauan aktivitas fasilitas dan infrastruktur secara online.

Fasilitas dan infrastruktur yang dipantau mencakup sistem kelistrikan, transportasi dalam gedung, X-ray & walk through metal detector (WTMD), sistem alarm kebakaran, dan sirkulasi udara yang ada di seluruh terminal penumpang (Terminal 1, 2 dan 3). 

	PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Lalu, fasilitas di luar terminal seperti pembangkit Main Power System 1, 2 dan 3, sistem CCTV, bandwidth data dan jaringan, hingga pengelolaan air bersih.

Pengoperasian AICC yang diluncurkan pada Senin, 21 Juni 2021 ini juga untuk mencapai 3 tujuan utama dalam menjaga kualitas pelayanan.

“Melalui pemantauan fasilitas dan infrastruktur lewat AICC, Bandara Soekarno-Hatta dapat mempertahankan keandalan dalam pelayanan (service reliability), merespons cepat masukan pelanggan (service recovery), dan sebagai sistem peringatan dini (service availability). Lebih dari itu Bandara Soekarno-Hatta dapat memastikan layanan berstandar global," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin.

PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Menurutnya, digitalisasi dalam pengelolaan bandara sudah tak bisa dihindari. Bandara tidak bisa lagi dikelola dengan cara-cara tradisional.

Terlebih, Bandara Soetta adalah salah satu bandara tersibuk di dunia yang dilengkapi 3 terminal penumpang pesawat serta berbagai fasilitas dan infrastruktur di dalam kawasan seluas 2.200 hektare.

"Pengembangan infrastruktur masih akan terus dilakukan,” ujar Awaluddin. 

Melalui AICC, AP II juga dapat melakukan analisis kebutuhan fasilitas dan infrastruktur di masa depan dengan lebih cepat guna mendukung peran lebih bandara sebagai pusat aktivitas perekonomian.

PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta

Dikatakan Awaluddin, saat ini bandara bukan sekedar tempat naik dan turun dari pesawat saja. Bandara Soetta kini berperan sebagai penghubung semua kegiatan ekonomi atau economic connector. Kalau sekarang ada istilah Internet of Things [IoT], maka ke depan akan ada Airport of Things [AoT].

"Melalui pengoperasioan sejumlah fasilitas yang dilengkapi dengan teknologi terkini, termasuk AICC, AP II membawa membawa pengelolaan bandara di Indonesia ke level yang lebih tinggi lagi demi keamanan, keselamatan dan pelayanan," paparnya. 

PT Angkasa Pura II (Persero) saat mengoperasikan Airport Infrastructure Control Center (AICC) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Adapun fasilitas baru ini sesuai visi AP II untuk menjadi "Airport Enterprises Leader In The Region" melalui pengembangan advanced infrastructure, digital technology, sensors & connectivity, data integration, dan data analytics & security. 

Seluruhnya bertujuan untuk pelayanan kepada seluruh pelanggan dan mewujudkan digital savvy organization.

Lebih lanjut,  Awaluddin menyebut AICC memiliki enam tugas dalam memantau fasilitas dan infrastruktur, yaitu: 

  • Mengumpulkan data dari sistem dan perlengkapan yang ada
  • Melakukan analisisi data dan visual 
  • Memantau 24/7 seluruh fasilitas dan infrastruktur
  • Memaksimalkan kolaborasi dan koordinasi
  • Manajemen perawatan sistem dan perlengkapan 
  • Manajemen penggunaan aset sistem dan perlengkapan

Kehadiran AICC ini melengkapi Airport Operation Control Center (AOCC) yang sudah dioperasikan sejak 2017.

AICC bertugas untuk memantau kinerja fasilitas dan infrastruktur, sementara AOCC merupakan wadah koordinasi seluruh stakeholder Bandara Soetta untuk memastikan operasional bandara dan operasional penerbangan berjalan lancar dengan tetap menjaga kualitas pelayanan. Ruangan AICC sendiri berada di gedung Airport Operation Control Center (AOCC). (RAZ/RAC)

MANCANEGARA
Lagi Berhubungan Intim, Gadis 15 Tahun Tiba-tiba tewas

Lagi Berhubungan Intim, Gadis 15 Tahun Tiba-tiba tewas

Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:03

TANGERANGNEWS.com-Gabrielly Dickson, gadis remaja berusia 15 tahun di Brazil tewas saat sedang berhubungan seks dengan seorang pria 26 tahun. Wanita asal Sao Paulo ini, ketika itu melakukan hubungan intim

KOTA TANGERANG
Lurah di Ciledug Tangerang Minta Uang Tanda Tangan ke Anak Yatim Rp250 Ribu 

Lurah di Ciledug Tangerang Minta Uang Tanda Tangan ke Anak Yatim Rp250 Ribu 

Kamis, 5 Agustus 2021 | 21:10

TANGERANGNEWS.com-Video diduga Lurah Paninggilan Utara, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang viral di jagat media sosial, karena meminta uang tanda tangan ke anak yatim sebesar Rp250 ribu

SPORT
Wow, Ini Bonus Greysia Polii & Apriyani Rahayu Usai Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Wow, Ini Bonus Greysia Polii & Apriyani Rahayu Usai Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Rabu, 4 Agustus 2021 | 10:46

TANGERANGNEWS.com-Atlet Greysia Polii & Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas bulu tangkis untuk ganda putri dalam Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza, pada Senin 2 Agustus 2021

OPINI
Isoman di Rumah, Jangan Lupa Rutin Cek Saturasi Oksigen

Isoman di Rumah, Jangan Lupa Rutin Cek Saturasi Oksigen

Senin, 26 Juli 2021 | 13:30

Oleh: Wulan Suci, Mahasiswi London School of Public Relation

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab