Connect With Us

40 Penumpang Luar Negeri di Bandara Soetta Ditemukan Positif Covid-19

Tim TangerangNews.com | Jumat, 10 Desember 2021 | 09:06

Penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan tes Covid-19 di Terminal 2 dan 3 Bandara Soetta, Tangerang, Banten. (@TangerangNews / dok. Humas Kemenhub)

TANGERANGNEWS.com – Sebanyak 40 penumpang pesawat dari luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang (Soetta), Banten, ditemukan positif Covid-19 oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno-Hatta. 

Kepala KKP Kelas I Soekarno-Hatta, dr Darmawali Handoko mengungkapkan, 40 sampel positif tersebut ditemukan sejak dilakukan pencegahan masuknya Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron ke wilayah Indonesia pada akhir November lalu. 

“Seluruh sampel positif langsung dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan untuk dilakukan genom sequencing agar diketahui varian dari sampel tersebut,” kata Darmawali, Kamis 9 Desember 2021, seperti dikutip dari Tempo.

Darmawali menyebutkan, pihaknya sampai saat ini belum menerima informasi ditemukannya varian Omicron dari sampel positif yang dikirim ke Badan Litbangkes Kemenkes itu.

"Sampai hari ini belum dapat info dari Badan Litbangkes bahwa ada hasil genom sequencingnya yang merupakan varian B.1.1.529 atau biasa disebut Omicron," tutur Darmawali.

Untuk mengetahui varian B.1.1.529 atau Omicron, lanjut dia, harus dilakukan oleh Badan Litbangkes Kemenkes karena genome sequencing tidak dapat dilakukan oleh laboratorium-laboratorium PCR biasa.

"Itu yang bisa mengeluarkan dari Kemenkes adalah Badan Litbangkes. Badan yang melakukan genom sequencing. Dia harus pemeriksaan yang lebih spesifik, sehingga bisa ditemukan apakah genom ini sesuai dengan Omicron atau tidak," jelasnya.

Sampai sejauh ini, tambah Darmawali, KKP Bandara Soekano-Hatta belum mendapat informasi ditemukannya Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Sementara itu untuk penanganan 40 WNA dan WNI positif Covid-19 yang tiba di Bandara Soetta, yakni dengan cara diisolasi dan dirawat di Wisma Atlet Pademangan Jakarta.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill