Connect With Us

Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Dioperasikan Kembali Dukung Periode Angkutan Lebaran

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 25 April 2022 | 13:12

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi berinteraksi dengan penumpang saat meninjau pengoperasian kalayang di Skytrain Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin 25 April 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II mengoperasikan kembali skytrain atau kalayang untuk melayani perpindahan penumpang antarterminal di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, kalayang dioperasikan selama 25 April sampai dengan 10 Mei 2022 dalam rangka mendukung periode angkutan Lebaran.

"Hari ini kita mengoperasikan kembali skytrain yang kurang lebih sudah dua tahun sejak pandemi Covid-19 ini kita istirahatkan," ujarnya saat meninjau pengoperasian kalayang di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin 25 April 2022.

Sebelum dioperasikan kembali saat ini, katanya, fasilitas kalayang seperti sistem kelistrikan dan signaling sudah dilakukan perawatan dan pengecekan, serta hasilnya berjalan dengan baik.

"Konsep operasi kita memang ini untuk mendukung selama angkutan Lebaran. Jadi dioperasikan tanggal 25 April sampai 10 Mei nanti. Tapi kami masih mempertimbangkan, kalau kemudian nanti tren traffic penumpangnya ternyata masih selalu di atas 100 ribu ini ada kemungkinan kita bisa operasikan kembali," terangnya.

Agus menyebutkan, konsep operasional kalayang masih tetap sama seperti sebelum pandemi Covid-19. Ada dua unit kalayang dengan jam operasional mulai pukul 06.00-21.00 atau 15 jam setiap hari yang dioperasikan.

"Saya kira (jam operasional) ini cukup karena pergerakan penumpang di malam hari ini juga cukup rendah," ucapnya.

Untuk pola operasi Skytrain mulai dari Terminal 1 - Stasiun Kereta Bandara - Terminal 2 - Terminal 3 dan sebaliknya. Waktu pemberhentian di setiap shelter hanya 1 menit dan waktu kedatangan kalayang di setiap shelter per 13 menit.

"Jadi tidak ada yang berubah. Kita tidak melakukan modifikasi operasi karena saya pikir terlalu riskan. Jadi kalau hanya operasi satu train set, ini waktu tunggunya jadi lama sekali dan ini tidak efektif untuk pergerakan penumpang," jelasnya.

Agus menyampaikan, pihaknya juga mengaktifkan kembali layanan shuttle bus menuju terminal yang bisa diakses melalui gedung Transit Oriented Development (TOD) MI atau pintu belakang.

Shuttle bus akan beroperasi 24 jam dan tersedia dua pilihan yaitu airport free shuttle bus (gratis) dan airport paid shuttle bus (berbayar). Shuttle bus yang gratis dapat diakses melalui lantai dasar Gedung TOD M1, sementara yang berbayar dapat diakses melalui lantai 2 Gedung TOD

Adapun rute airport free shuttle bus mulai dari TOD M1 - Gedung ACS - Terminal 2 (Gate 3) - Stasiun Kereta Bandara - Halte Kargo - Terminal 3 (Gate 3) - Terminal 1A & B - Gedung ACD - Gedung TOD M1 (Lantai 1).

Sementara rute airport paid shuttle bus di Bandara Soekarno Hatta adalah TOD M1 - Gedung ACS - Gedung MPS - Terminal 2 (Gate 5) - Halte Parkir Inap 1 - Stasiun Kereta Bandara - Halte Imigrasi - Terminal Kargo - Terminal 3 (Gate 4) -Terminal 1B - Gedung ACD - Gedung TOD M1 ( Lantai 2).

"Jadi kita totalnya ada 20 unit shuttle bus yang beroperasi 1 kali 24 jam dimulai dari titik operasinya di TOD sampai ke seluruh titik-titik pengantaran dan penjemputan," pungkasnya.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill