Connect With Us

Viral, Penumpang Super Air Jet Basah Kuyup Gegara Kepanasan

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 23 Maret 2023 | 09:54

Tangkapan layar video salah satu penumpang yang kepanasan hingga bajunya terlihat dibasahi oleh keringat (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Beredar video yang memperlihatkan para penumpang dengan maskapai Super Air Jet kepanasan gegara diduga Air Conditioner (AC) tidak berfungsi, Selasa 21 Maret 2023.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @jakartainformasi dari akun TikTok velyspuspa, Kamis 23 Maret 2023.

Dalam unggahan tersebut, para penumpang dengan rute penerbangan Bali menuju Jakarta itu terlihat mengipas karena kepanasan hingga beberapa bajunya tampak basah, terdengar juga suara tangisan anak-anak.

“Kebayang ga panas nya kayak apa? Itu sampai basah kuyup bajunya Puanas banget guys. Enggap. Keringet terus keluar. Takut dehidrasi saja dan pingsan. #superairjet #iu737. Kami bersyukur masih dikasih kesempatan hidup sama Yang Maha Kuasa. Semoga keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas utama,” tulis akun TikTok velyspuspa.

Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari mengatakan, pihaknya telah menjalankan seluruh aspek prosedur penerbangan dengan tepat sesuai standar keselamatan sebelum penerbangan, yakni pemeriksaan pesawat sebelum lepas landas.

"Ini untuk memastikan bahwa pesawat dalam kondisi terbaik dan aman untuk terbang,” katanya seperti dikutip dari beritasatu.com, Kamis 23 Maret 2023.

Diketahui, penerbangan berbomor IU-737 rute Bali menuju Jakarta jenis Airbus 320-200 dengan kode registrasi pesawat PK-SAW itu mengangkut 179 penumpang dan enam kru.

Menurut Ari, dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan kendala dari sistem dan perlengkapan pesawat sehingga layak untuk terbang. Pesawat itu pun terbang pada pukul 17.55 Wita dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Namun, pada ketinggian 30.000 kaki di atas permukaan laut terdapat indikasi adanya fungsi yang kurang maksimal pada sistem pengatur tekanan udara di kabin.

Mengetahui hal itu, pilot terpaksa menurunkan ketinggian pesawat. Akibatnya, suhu udara di kabin menjadi lebih tinggi sehingga menyebabkan kepanasan kepada para penumpang.

Meski begitu, penerbangan berhasil sampai tujuan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagaimana mestinya.

“Pesawat sudah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 18.40 WIB. Seluruh penumpang mengikuti proses kedatangan,” jelas Ari.

Ari beralasan tidak memberikan pernyataan sebab dari gangguan itu lantaran sesuai prosedur dari industri penerbangan saat terjadi masalah teknis pada pesawat. Ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada para penumpang.

“Langkah pertama yang dilakukan adalah memeriksa pesawat secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk menemukan penyebab insiden atau masalah teknis tersebut. Setelah itu, dijalankan pemeriksaan lebih lanjut dan analisis mendalam untuk memastikan bahwa pesawat aman untuk digunakan kembali,” pungkasnya.

KAB. TANGERANG
Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Jadwal SIM keliling Selasa 19 Maret 2024 di Kabupaten Tangerang 

Selasa, 19 Maret 2024 | 05:52

Sat Lantas Kabupaten Tangerang telah mengumumkan jadwal layanan SIM keliling untuk Selasa, 19 Maret 2024.

KOTA TANGERANG
Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Selasa, 19 Maret 2024 | 00:04

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah untuk wilayah Tangerang.

TANGSEL
Selepetan Sarung Berujung Penganiayaan Remaja Perempuan di Ciputat, Kasus Ditangani Polres Tangsel

Selepetan Sarung Berujung Penganiayaan Remaja Perempuan di Ciputat, Kasus Ditangani Polres Tangsel

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:33

Penganiayaan terhadap remaja perempuan berinisial N, 12, hingga babak belur oleh sejumlah remaja laki-laki di Jalan Jombang, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diduga dipicu main selepet sarung.

SPORT
Taklukkan Arema, Persita Selamat dari Zona Degradasi 

Taklukkan Arema, Persita Selamat dari Zona Degradasi 

Kamis, 14 Maret 2024 | 00:17

Usai menjalani beberapa laga tanpa kemenangan, Persita akhirnya berhasil mengamankan posisi dari zona degradasi dalam klasemen sementara BRI Liga 1 musim 2023/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill