Connect With Us

Jalankan USAP-CMA, Bandara Soetta Tingkatkan Keamanan Penerbangan Standar Global

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 28 Juni 2024 | 17:57

Bandara Soetta Kota Tangerang menjalankan program Universal Security Audit Programme Continuous Monitoring Approach (USAP - CMA) mulai 24 Juni - 5 Juli 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Tingkatkan aspek keamanan penerbangan berstandar global, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Kota Tangerang, menjalankan Universal Security Audit Programme Continuous Monitoring Approach (USAP - CMA), mulai 24 Juni - 5 Juli 2024 mendatang. 

USAP - CMA merupakan program dari organisasi penerbangan sipil internasional atau International Civil Aviation Organisation (ICAO).

Tujuannya, untuk menilai tingkat kepatuhan dan sistem pengawasan keamanan penerbangan suatu negara terhadap Standar Annex 17 dan ketentuan terkait keamanan pada Annex 9.

Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi mengatakan, USAP-CMA dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan penerbangan global, melalui audit dan pemantauan berkelanjutan terhadap kinerja keamanan penerbangan Negara-negara Anggota.

"Dengan audit ini dapat meningkatkan dan memperkuat sistem keamanan Bandara Soekarno-Hatta dan lebih comply terhadap regulasi keamanan penerbangan. Adapun dari sisi bisnis, mendukung pertumbuhan traffic penerbangan internasional karena telah diaudit oleh ICAO dengan hasil baik," kata Holik, Jumat 28 Juni 2024.

Holik Muardi menjelaskan, sesuai standar minimun ICAO Global Aviation Security Plan (GASeP), Indonesia memiliki target nilai kepatuhan (comply) 80%.

Diharapkan nilai kepatuhan tersebut dapat dicapai Bandara Soetta (CGK) pada USAP-CMA tahun 2024 ini.

"Dengan adanya audit ini, diharapkan CGK dapat berkontribusi penuh terhadap hasil yang diperoleh, dalam hal implementasi di lapangan dan kepatuhan bandara dalam hal regulasi keamanan penerbangan," ujar Holik. 

Adapun yang dievaluasi dalam USAP - CMA ini, mencakup sejumlah aspek keamanan dalam operasional bandara, mulai dari keamanan bandar udara, pesawat (aircraft) dan keamanan penumpang pesawat serta barang bawaannya. 

"Audit ini mencakup prosedur dan proses terhadap akses bandara termasuk di sisi darat atau sisi udara dan area lainnya seperti kargo. Kemudian, keahlian personel keamanan penerbangan (Aviation Security), serta peralatan dan keamanan bandar udara," terang Holik.

Menurut Holik Muardi, USAP - CMA secara terus-menerus menilai tingkat kinerja keamanan penerbangan dan memberikan rekomendasi yang diprioritaskan, untuk membantu Anggota Negara-negara dalam mengatasi kekurangan yang teridentifikasi.

"Target nilai minimal 80 persen kepatuhan merupakan langkah penting dalam meningkatkan keamanan penerbangan secara keseluruhan di Bandara Soekarno-Hatta. Semoga audit ini berhasil sesuai target dan dapat manfaat bagi semua pihak," tutur Holik Muardi.

PROPERTI
Tipe Termahal Klaster Trésor BSD City Ludes Terjual, Sinar Mas Land Kantongi Rp400 Miliar

Tipe Termahal Klaster Trésor BSD City Ludes Terjual, Sinar Mas Land Kantongi Rp400 Miliar

Minggu, 30 Juni 2024 | 19:44

Sejak diluncurkan pada Maret 2024, sebanyak lebih dari 70 persen unit highend Trésor berhasil terjual. Bahkan, Tipe Gallant yang merupakan tipe terbesar di Klaster Trésor seharga Rp21 miliar, langsung ludes dalam waktu singkat.

BANTEN
PLN Banten Gelar Pelatihan Membatik di Cilegon Banten 

PLN Banten Gelar Pelatihan Membatik di Cilegon Banten 

Selasa, 2 Juli 2024 | 10:54

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten terus berupaya memberdayakan masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

NASIONAL
Sah! Tarif Listrik PLN Juli-September 2024 Tak Alami Kenaikan, Segini Rinciannya

Sah! Tarif Listrik PLN Juli-September 2024 Tak Alami Kenaikan, Segini Rinciannya

Selasa, 2 Juli 2024 | 11:45

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan, tarif listrik untuk triwulan III (Juli-September) Tahun 2024 tidak mengalami kenaikan atau tetap tidak berubah.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill