Connect With Us

Aktor Bollywood Ditangkap Selundupkan 3 Ekor Hewan Dilindungi di Bandara Soetta

Yanto | Kamis, 4 Juli 2024 | 18:00

Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengamankan aktor film Bollywood atas aksi penyelundupan hewan yang dilindungi, Kamis 04 Juli 2024. (@TangerangNews / Yanto)

 

 

TANGERANGNEWS.com-Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mengamankan aktor film Bollywood atas aksi penyelundupan hewan yang dilindungi, Kamis 04 Juli 2024.

 

Pelaku berinisial RM, 56, berhasil ditindak pada Senin 1 Juli 2024. Bermula dari adanya kecurigaan petugas terhadap hasil citra X-Ray pada koper yang dibawanya.

 

Atas kecurigaan tersebut tim Bea Cukai Soetta dan Aviation Security langsung melakukan pelannggilan terhadap RM yang sudah berada di Boarding Room untuk dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaannya.

 

Gatot Sugeng Wibowo mengatakan dari hasil penggeledahan ditemukan masing-masing satu ekor Burung Cendrawasih Kuning, Burung Cendrawasih Botak Papua, dan Berang-berang Cakar Kecil Albino.

 

“Hewan tersebut termasuk dalam Appendix I dan II Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES),” ujarnya Kamis 4 Juli 2024.

 

Hewan yang memerlukan izin khusus untuk pengangkutannya, juga ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi sesuai dengan UU No 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya junto lampiran PermenLHK P.106 tahun 2018 Tentang Jenis Tumbuhan Dan Satwa Yang Dilindungi.

 

"CITES adalah perjanjian internasional yang mengatur perdagangan hewan dan tumbuhan liar untuk mencegah eksploitasi berlebihan dan melindungi hewan dari kepunahan, tambah Gatot.

 

Gatot menjelaskan saat diamankan, pelaku hendak menaiki pesawat Indigo Air nomor penerbangan 6E 1602 tujuan Mumbai, India.

 

Berdasarkan keterangan awal, RM mengaku berprofesi sebagai aktor dan produser film Bollywood. Kunjungannya ke Indonesia adalah untuk berlibur.

 

Saat akan kembali ke India, ia mengaku dititipi koper oleh kenalannya yang juga WNA India di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, untuk diberikan kepada seseorang saat tiba di India.

 

"Namun kita tidak mudah percaya, Tim Bea Cukai Soekarno-Hatta kemudian melakukan penelusuran lebih lanjut dan berdasarkan bukti-bukti yang ada, didapati fakta RM tiba di Terminal 2 telah membawa koper berisi hewan tersebut dan tidak dititipkan," jelas Gatot.

MANCANEGARA
Pengamat Sebut Kartun Upin & Ipin Jadi Alat Propaganda Malaysia 

Pengamat Sebut Kartun Upin & Ipin Jadi Alat Propaganda Malaysia 

Senin, 8 Juli 2024 | 15:32

Kartun Upin & Ipin yang memiliki banyak penggemar di Indonesia disebut sebagai alat propaganda dari Negeri Jiran Malaysia.

PROPERTI
 Alam Sutera Group Gandeng Bank Mayapada untuk Pembiayaan Kredit Properti di Tangerang

Alam Sutera Group Gandeng Bank Mayapada untuk Pembiayaan Kredit Properti di Tangerang

Rabu, 3 Juli 2024 | 18:59

Alam Sutera Group dengan bangga mengumumkan kerjasama strategis dengan PT Bank Mayapada Internasional Tbk (Bank Mayapada).

NASIONAL
Musim Kemarau Kok Bisa Hujan? Begini Penjelasan BMKG

Musim Kemarau Kok Bisa Hujan? Begini Penjelasan BMKG

Senin, 8 Juli 2024 | 00:45

Sejumlah wilayah diguyur hujan deras dengan intensitas cukup lama, termasuk Tangerang hingga beberapa titik terendam banjir dari luapan Kali Angke.

TEKNO
TP-Link Kenalkan Solusi Jaringan dan Pengawasan Terintegrasi Terbaru di APAC Enterprise Partner Summit 2024 Bangkok

TP-Link Kenalkan Solusi Jaringan dan Pengawasan Terintegrasi Terbaru di APAC Enterprise Partner Summit 2024 Bangkok

Jumat, 5 Juli 2024 | 22:18

Sejak dikembangkan pada awal 2000-an artificial intelligence (AI) atau AI yang awalnya hanya sebuah konsep saat ini telah merambah berbagai sektor industri.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill