Connect With Us

Resmi Gabung, PT Angkasa Pura Indonesia Disebut Jadi Pengelola Bandara Terbesar Ke-5 di Dunia 

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 10 September 2024 | 10:36

Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com– PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II) resmi digabung dengan nama baru menjadi PT Angkasa Pura Indonesia. 

Penggabungan dua perusahaan pengelola bandara terbesar di Indonesia ini diresmikan pada Senin, 9 September 2024.

Peresmian penggabungan tersebut dilakukan melalui prosesi potong tumpeng yang dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Sarinah, Jakarta.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap agar penggabungan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II ini dapat memberikan perhatian yang setara kepada seluruh bandara di Indonesia, tidak hanya terfokus pada bandara-bandara besar seperti Soekarno-Hatta atau Kualanamu.

"Jayapura, Banda Aceh dan segala macam mesti mendapatkan perhatian sama baiknya dengan Soekarno Hatta dan Kualanamu," ujar Budi Karya dikutip dari detikFinance, Selasa, 10 September 2024. 

Ia juga menegaskan bahwa pemerataan pelayanan ini penting agar tidak menimbulkan ketimpangan antarwilayah yang bisa memicu rasa ketidakadilan.

Sementara itu, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria menyebut melalui penggabungan ini, Indonesia secara resmi menjadi salah satu pengelola bandara terbesar di dunia. 

"Tepat di hari ini kita menjadi operator airport nomor lima terbesar di dunia," kata Dony. 

Sebelumnya, proses penggabungan ini telah direncanakan sejak beberapa bulan lalu dan melalui beberapa tahapan penting, seperti yang tertulis dalam dokumen keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 24 Juli 2024.

  1. Perubahan Nama Angkasa Pura Indonesia: Nama PT Angkasa Pura Indonesia yang saat ini sudah ada akan diubah menjadi PT Angkasa Pura Nusantara (atau nama lain yang disetujui oleh PT Aviasi Pariwisata Indonesia).
  2. Perubahan Nama PT Angkasa Pura II: Setelah perubahan nama di tahap pertama, PT Angkasa Pura II akan diubah namanya menjadi PT Angkasa Pura Indonesia.
  3. Penggabungan PT Angkasa Pura I: PT Angkasa Pura I kemudian akan digabungkan ke dalam PT Angkasa Pura Indonesia yang baru, di mana PT Angkasa Pura Indonesia akan menjadi entitas penerima penggabungan.

Penggabungan PT Angkasa Pura I dan II ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan di bandara-bandara di seluruh Indonesia, sekaligus memperkuat posisi Indonesia di kancah aviasi global.

TOKOH
Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 5 September 2024 | 12:31

Ekonom senior Indonesia, Faisal Basri, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 5 September 2024.

BISNIS
Tarik Investor, PLN Lakukan Transmisi Listrik Energi Bersih

Tarik Investor, PLN Lakukan Transmisi Listrik Energi Bersih

Kamis, 19 September 2024 | 19:06

Dalam rangka meningkatkan investasi di sektor industri, PT PLN (Persero) melakukan upaya penyediaan energi bersih melalui pengembangan transmisi listrik.

AYO! TANGERANG CERDAS
Siapkan SDM Unggul, ITPLN Rekrut 135 Mahasiswa Ikut Program Ikatan Kerja

Siapkan SDM Unggul, ITPLN Rekrut 135 Mahasiswa Ikut Program Ikatan Kerja

Selasa, 10 September 2024 | 19:08

Dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang kelistrikan nasional, PT PLN (Persero) merekrut 135 mahasiswa Institut Teknologi PLN (ITPLN) yang terpilih untuk mengikuti program ikatan kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill