Connect With Us

KPU Banten Harap Tak Ada Calon Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2020

Muhamad Ikbal | Rabu, 16 Oktober 2019 | 15:23

| Dibaca : 252

komisioner KPU Banten, Mashudi. (TangerangNews/2019 / Mochamad Iqbal)

 

Cilegon - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten berharap tidak ada pasangan calon pada Pilkada 2020 di Banten yang melawan kotak kosong. Meskipun melawan kotak kosong adalah konstitusional.

Ada empat daerah yang akan menyelenggarakan pilkada di Banten, yakni Kabupaten Serang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon dan Kabupaten Pandeglang. Fenomena calon kepala daerah melawan kota kosong biasanya karena ada sistem borong partai.

"Calon tunggal ya konstitusional sih sebenarnya, calon tunggal itu lawan kotak kosong, bukan tidak ada lawan ya, kotak kosong lawannya," kata komisioner KPU Banten, Mashudi kepada wartawan di Cilegon, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, calon yang melawan kotak kosong biasa terjadi di pilkada serentak. Pada pilkada serentak lalu, beberapa daerah ada calonnya melawan kotak, di Makassar, kotak kosong menang melawan calon kepala daerah.

"Itu terjadi di beberapa daerah pada pilkada yang lalu. Ya seperti di Makassar," ujarnya.

Mashudi berharap tidak ada satu daerah pun yang menyelenggarakan pilkada terdapat calon melawan kotak kosong, termasuk di Cilegon. Dengan demikian, masyarakat punya pilihan meski memilih kotak kosong adalah pilihan.

"Saya sih berharap Cilegon tidak lah yah (tidak ada kotak kosong). Paling tidak ada calon perseorangan dua atau tiga," kata dia.(RMI/HRU)

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

BISNIS
Gofress Salurkan Donasi ke Wisma Atlet

Gofress Salurkan Donasi ke Wisma Atlet

Kamis, 10 September 2020 | 20:18

TANGERANGNEWS.com-Melalui program Share2Care, Gofress menyalurkan donasi kepada tim medis dan relawan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Donasi diterima Sunarto, selaku Satuan Gugus Tugas Bagian Akomodasi

OPINI
HMB Jakarta Apresiasi Penyatuan Wilayah Hukum Polda Banten

HMB Jakarta Apresiasi Penyatuan Wilayah Hukum Polda Banten

Selasa, 8 September 2020 | 10:46

Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta dukung upaya penyatuan wilayah

"Kerja sama terjadi bukan karena tak ada konflik, tetapi sebagai sarana untuk mengelola konflik."

Qoute